Liga Indonesia

Liga 1: Performa Keren, Pelatih PSM Makassar Kecewa Minimnya Jatah Siaran TV

Jumat, 31 Maret 2023 13:25 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
© Adriyan Adirizky/INDOSPORT
Pelatih klub Liga 1 PSM Makassar, Bernardo Tavares (kanan), bersama interpreter, Roy Wanson Copyright: © Adriyan Adirizky/INDOSPORT
Pelatih klub Liga 1 PSM Makassar, Bernardo Tavares (kanan), bersama interpreter, Roy Wanson

INDOSPORT.COM - PSM Makassar tengah dalam performa menjanjikan selama mengarungi Liga 1 Indonesia 2022-2023. Mereka bahkan menjadi kandidat tunggal juara.

Tim berjulukan Juku Eja itu masih kokoh di puncak klasemen dengan raihan 69 poin, sementara Persib Bandung di posisi kedua (59 poin).

PSM tinggal membutuhkan satu kemenangan lagi untuk menjuarai Liga 1. Target terdekat adalah melawan Madura United pada pekan ke-32, Jumat (31/3/23).

"Kerja keras kami sebagai tim sejauh ini luar biasa," ucap pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, dalam sesi jumpa pers pralaga, Kamis (30/3/23).

Sayangnya, perjuangan heroik PSM musim ini tidak selaras dengan jatah siaran langsung televisi yang terbilang minim. Penampilan Yacob Sayuri dkk dinilai sangat layak untuk dinikmati publik sepak bola nasional.

"Beberapa pertandingan kami tidak disiarkan langsung televisi nasional. Saya agak terganggu dengan keadaan itu," ujar Bernardo Tavares.

Menurut dia, pihak pemegang hak siar seharusnya memberi slot siaran langsung secara proporsional untuk semua klub di Liga 1, terlebih PSM juga sedang menjalani laga penentuan juara. 

Madura United menjadi satu dari tiga jadwal tersisa mereka musim ini. Barulah kemudian melawan PSIS Semarang, Kamis (6/4/23), dan Borneo FC.

Sehingga, Bernardo Tavares meminta stasiun televisi untuk lebih adil dalam menayangkan pertandingan Liga 1 2022-2023 kepada publik. Bukan seperti saat ini lantaran hanya fokus kepada beberapa tim, sedangkan tim lain disiarkan via streaming.

"Ketika ada tim yang sedang berjuang mengunci gelar juara, harusnya pertandingan itu dimasukkan (dalam prioritas). Madura United vs PSM memang layak untuk disiarkan secara langsung secara nasional," jelas Tavares.