Liga Indonesia

Kampiun Liga 1, Nama PSM Makassar Abadi Bersama Sriwijaya FC dan Arema

Sabtu, 1 April 2023 20:10 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Sukses menyabet gelar juara Liga 1 2022-2023, nama klub PSM Makassar kini akan dikenang abadi bersama Sriwijaya FC dan Arema. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Sukses menyabet gelar juara Liga 1 2022-2023, nama klub PSM Makassar kini akan dikenang abadi bersama Sriwijaya FC dan Arema.

INDOSPORT.COM – Sukses menyabet gelar juara Liga 1 2022-2023, nama klub PSM Makassar kini akan dikenang abadi bersama Sriwijaya FC dan Arema.

Pasalnya, ketika klub tersebut kini menjadi tim yang berhasil menyandingkan gelar juara kompetisi Liga 1 dengan gelar juara Piala Indonesia di lemari trofi mereka.

Terbaru, PSM Makassar yang ditangani Bernardo Tavarez dari Portugal ini berhasil memastikan diri keluar sebagai juara Liga 1 2022-2023.

Torehan ini membuat Juku Eja – julukan PSM Makassar – menyempurnakan status mereka sebagai peraih gelar juara Liga 1 dan Piala Indonesia.

Sebelum PSM Makassar, hanya ada dua tim yang mampu memenangkan gelar Liga 1 dan Piala Indonesia dalam sejarah sepak bola Tanah Air, yakni Sriwijaya FC dan Arema FC.

Arema FC berhasil merengkuh gelar juara Liga 1 pada musim 2009-2010. Kala itu, kompetisi Liga 1 masih bernama Indonesia Super League (ISL).

Di bawah besutan Robert Rene Alberts, Arema FC memenangi ISL 2009-2010 dengan meraih 23 kemenangan, 4 hasil imbang dan menelan 7 kekalahan dan mengantongi 73 poin.

Ini merupakan gelar Liga Indonesia pertama bagi Arema setelah penantian selama satu dekade (era Galatama), dengan lima tahun sebelumnya, Arema hanya mampu menenangkan Piala Presiden.

Arema juga memenangkan Piala Indonesia atau dulu dinamakan Copa Indonesia Dji Sam Soe dua kali berturut-turut pada tahun 2005 dan 2006.

Sementara itu, Arema FC jadi juara edisi Piala Indonesia perdana dengan mengalahkan Persija Jakarta 4-3 (perpanjangan waktu) di laga final yang dihelat di SUGBK. 

Pada tahun selanjutnya Arema mengulangi cerita suksesnya menjadi kampiun Piala Indonesia. Kali ini Tim Singo Edan menang 2-0 atas Persipura di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo.