Liga Indonesia

Kapten PSM Bongkar Kunci Sukses Juara Liga 1: Etos Kerja dan Disiplin Tinggi

Sabtu, 1 April 2023 15:24 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Laga Liga 1 antara Madura United vs PSM Makassar di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan (Pamekasan), Jumat (31/03/23). Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Laga Liga 1 antara Madura United vs PSM Makassar di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan (Pamekasan), Jumat (31/03/23).

INDOSPORT.COM - Wiljan Pluim sejatinya juga sempat tak menyangka bahwa dia pada akhirnya mampu meraih target menjuarai Liga 1 sejak hadir di Indonesia pada 2016.

Ya, kapten PSM Makassar itu merupakan gerbong awal dari penerapan kuota pemain asing dengan kategori marquee player pada awal era Liga 1.

Tanpa terasa, keberadannya bersama PSM sudah berjalan enam musim. Luar biasanya, Wiljan Pluim menggenapi dengan gelar juara kompetisi dalam karier di Indonesia.

"Saya hanya mau berterima kasih kepada setiap orang di tim ini. Baik itu pemain, staf pelatih, maupun suporter," ucap Pluim saat post-match press conferrence.

Lebih lengkap lagi, Pluim juga berkontribusi besar terhadap kesuksesan PSM Makassar mengunci gelar juara. Dia turut menyumbang dua gol penting.

Wiljan Pluim dua kali membobol gawang Madura United dalam 10 menit awal pertandingan. Kenzo Nambu lantas melengkapinya dari gol pada menit ke-48.

Sementara tim tuan rumah hanya membalas dari gol Hugo Gomes Dos Santos. PSM Makassar pun merangkum tiga poin dengan kemenangan 3-1 atas Madura United.

"Saya pikir hari ini merupakan salah satu pertandingan yang sulit. Justru sifatnya sangat menentukan," beber playmaker berkebangsaan Belanda tersebut.

Dan dari segi permainan, dia menyebut kemenangan timnya tak lepas dari efektivitas permainan. Karakter PSM Makassar begitu terlihat sepanjang laga.

"Karakter permainan kami ya seperti yang Anda semua lihat. Dengan itu, buktinya memberi hasil bagus dalam setiap pertandingan," jelas Pluim.