Liga Indonesia

Pernah Terpuruk di PSM Makassar, Jebolan Garuda Select Kini Ukir Sejarah Juara Liga 1

Sabtu, 1 April 2023 15:18 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© dok.MolaTV/Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Muhammad Rafli Asrul, pemain jebolan Garuda Select yang juga menjadi bagian dari PSM Makassar saat juara Liga 1 2022-2023. Copyright: © dok.MolaTV/Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Muhammad Rafli Asrul, pemain jebolan Garuda Select yang juga menjadi bagian dari PSM Makassar saat juara Liga 1 2022-2023.

INDOSPORT.COM - Pernah terpuruk di PSM Makassar, pemain jebolan Garuda Select 2, Muhammad Rafli Asrul akhirnya mengukir sejarah menjuarai BRI Liga 1 2022-2023.

Sebagaimana diketahui, PSM Makassar berhasil jadi juara Liga 1 musim ini setelah mengalahkan tuan rumah Madura United dengan skor 3-1, Jumat (31/03/23) malam.

Tambahan tiga poin dari laga ini membuat PSM mengoleksi 72 poin. Torehan tersebut membuat angka PSM tidak akan bisa dikejar oleh Persib Bandung di sisa Liga 1 musim ini.

PSM Makassar membuka skor dengan cepat di menit ke-4 dan ke-10, keduanya melalui kaki legiun asing, Wiljam Plium, usai memanfaatkan umpan dari Yance Sayuri.

Di babak kedua, skuat besutan Bernardo Tavares kembali melesatkan gol ke gawang Madura United di menit ke-48, melalui sepakan Kenzo Nambu.

Madura United kemudian memperkecil ketertinggalan di menit ke-51 melalui gol Hugo Gomes. Skor 1-3 untuk keunggulan PSM bertahan hingga peluit akhir berbunyi.

Tak pelak, euforia kemenangan dirayakan oleh penggawa PSM Makassar yang sedang berada di Madura, hingga suporter Juku Eja yang melalukan konvoi di Sulawesi Selatan.

PSM Makassar akhirnya menuntaskan penantian 23 tahun dengan mengangkat trofi Liga Indonesia, gelar yang terakhir diraih pada musim 1999-2000 silam.

Hasil ini juga menjadi catatan sejarah bagi pemain muda PSM Makassar, Rafli Asrul. Gelandang jebolan Garuda Select itu bisa membawa tanah kelahirannya juara Liga 1.