Liga Indonesia

Prediksi Liga 1: PSIS Semarang vs PSS Sleman, Misi Tuan Rumah Akhiri Paceklik

Sabtu, 1 April 2023 15:03 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Prediksi pertandingan antara PSIS Semarang vs PSS Sleman (BRI Liga 1). Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Prediksi pertandingan antara PSIS Semarang vs PSS Sleman (BRI Liga 1).

INDOSPORT.COM - Duel sengit diprediksi akan tersaji kala PSIS Semarang menjamu PSS Sleman dalam laga pekan ke-32 Liga 1 Indonesia 2022-2023 di Stadion Jatidiri, Minggu (2/4/23). Tuan rumah tentu bakalan mati-matian menghentikan rekor enam kekalahan beruntun.

PSIS menjadi tim yang sulit menang sejak kehadiran Gilbert Agius. Mereka mencatatkan tiga hasil imbang dan enam kekalahan beruntun dalam sembilan laga terakhir.

Rentetan hasil buruk itu harus terjadi karena sistem bertahan PSIS terlihat sangat rapuh. Gawang mereka sudah jebol 17 kali dalam enam kekalahan beruntun di Liga 1 2022-2023.

Situasi itu dilengkapi penyelesaian akhir yang sangat buruk, yakni hanya menceploskan empat gol dalam enam kekalahan tersebut. Padahal, PSIS bisa mencetak tujuh gol pada enam laga sebelumnya.

Rentetan hasil jeblok itu mulai memunculkan tagar #GilbertAgiusOut di media sosial klub. Ada pula yang mengkritik manajemen PSIS Semarang di bawah naungan Yoyok Sukawi.

Untuk meredam gejolak di kalangan suporter, satu-satunya cara adalah membungkam PSS Sleman. Meski baru saja menang atas Borneo FC 2-1, kubu lawan juga pernah mencatatkan rekor tujuh kekalahan beruntun.

Secara hitung-hitungan di atas kertas, PSIS punya kans untuk memenangi pertandingan. Terlebih, Carlos Fortes dan Vitinho sudah sembuh dari cedera.

Dengan senjata yang lebih lengkap, plus Alfeandra Dewangga yang baru saja diganjar kontrak hingga 2025, PSIS memiliki modal berbeda dalam upaya mengalahkan PSS Sleman.

Hanya saja, PSIS perlu mewaspadai motivasi berbeda dari gelandang PSS, Jonathan Cantillana. Mantan idola publik Semarang ini sudah sembuh dari cedera dan sempat mencatatkan assist ketika membantu Palestina menang atas Bahrain 2-1.

Sementara kondisi Yevhen Bokhshvili dan Jihad Ayoub belum terpantau. Ada kemungkinan PSIS akan mengawali laga dengan kekuatan lokal, seperti saat melawan Borneo FC, sementara Jonathan menjadi supersub.

Prakiraan Pemain

PSIS Semarang (3-5-2): Adi Satryo; Wahyu Prasetyo, Alfeandra Dewangga, Bayu Fiqri; Fredyan Wahyu, Oktafianus Fernando, Delvin Rumbino, Ryo Fujii, Riyan Ardiansyah; Taisei Marukawa, Carlos Fortes
Pelatih: Gilbert Agius

PSS Sleman (4-2-3-1): Muhammad Ridwan; Bagus Nirwanto, Dedi Gusmawan, Nur Diansyah, Derry Rachman; Wahyu Sukarta, Kim Kurniawan; Rifky Suryawan, Todd Ferre, Haris Tuharea; Ricky Cawor
Pelatih: Seto Nurdiyantoro