Liga Indonesia

Gilbert Agius Ungkap Nasib Trio Asing PSIS saat Tantang PSM di Jatidiri

Rabu, 5 April 2023 19:45 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© PSIS Semarang.
Mantan penyerang Timnas Malta, Gilbert Agius, resmi menjadi pelatih PSIS Semarang Copyright: © PSIS Semarang.
Mantan penyerang Timnas Malta, Gilbert Agius, resmi menjadi pelatih PSIS Semarang

INDOSPORT.COM - PSIS Semarang belum memutuskan nasib trio asing saat laga melawan PSM Makassar pada laga pekan ke-33 Liga 1 2022-2023 di Stadion Jatidiri, Semarang, Kamis (6/4/23). Gilbert Agius akan melihat kebugaran Taisei Marukawa dkk.

Ada empat pilar asing yang dimiliki PSIS musim ini. Namun, baru tiga nama saja yang sudah dipastikan menjadi bagian dari tim musim depan.

Trio itu adalah Carlos Fortes, Taisei Marukawa dan Vitinho. Marukawa mendapat kontrak baru hingga tahun 2025, sementara Fortes dan Vitinho mendapat kontrak hingga 2024.

Tiga nama ini tampil bagus saat PSIS meraih kemenangan atas PSS Sleman 5-2, Minggu (2/4/23). Ada harapan agar ketiganya ditampilkan lagi saat menantang PSM Makassar.

Namun, mepetnya jadwal yang dilakoni PSIS dalam tiga partai terakhir cukup menguras fisik Carlos Fortes dkk. Alhasil, dalam dua hari persiapan awal, latihan lebih difokuskan pada recovery.

Barulah pada hari ketiga atau saat official training, PSIS akan menyusun strategi melawan PSM. Sesi ini sekaligus dimanfaatkan untuk pengecekan terakhir kebugaran seluruh pemain, termasuk trio asing tersebut.

"Saya belum bisa memastikan apakah akan tampil dari awal lagi atau tidak, karena melihat kondisi pemain, mungkin ada yang tidak 100 persen," kata pelatih PSIS, Gilbert Agius, Rabu (5/4/23).

Gilbert Agius hanya memastikan PSIS akan tampil dengan kondisi dan pola yang berbeda. Pelatih asal Malta ini berbicara pengaruh positif setelah PSIS  menang atas PSS.

Kemenangan itu menutup rentetan sembilan pertandingan tanpa kemenangan. Dalam enam aksi terakhir, PSIS selalu mengalami kekalahan.

"Ini kemenangan yang penting untuk menambah percaya diri para pemain. Performa baik ini harus dijaga, terutama pada babak kedua," tutur Gilbert Agius.

"Pertandingan melawan PSM akan menjadi berbeda. Ada sedikit pola permainan yang akan berbeda karena lawannya juga berbeda," lanjut Gilbert Agius.