Liga Indonesia

Gilbert Agius Bicara Modal Penting PSIS Semarang Tantang PSM Makassar

Selasa, 4 April 2023 12:35 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© PSIS Semarang.
Mantan penyerang Timnas Malta, Gilbert Agius, yang saat ini menukangi PSIS Semarang. Copyright: © PSIS Semarang.
Mantan penyerang Timnas Malta, Gilbert Agius, yang saat ini menukangi PSIS Semarang.

INDOSPORT.COM - Pelatih PSIS Semarang, Gilbert Agius, melihat PSM Makassar sebagai tim yang kuat. Namun, kemenangan atas PSS Sleman menjadi modal penting menatap laga pekan ke-33 Liga 1 2022/2023, Kamis (6/4/23).

Gilbert Agius sudah bisa tersenyum setelah timnya menang atas PSS Sleman 5-2 di Stadion Jatidiri, Minggu (2/4/23) malam. Kemenangan tersebut menjadi raihan tiga poin pertama Gilbert Agius sejak tiba di Semarang.

Uniknya, lima gol tersebut diciptakan oleh lima pemain yang berbeda. Mulai dari Septian David Maulana, Wawan Febrianto, Taisei Marukawa, Vitinho dan Carlos Fortes.

Catatan itu memberi bukti bahwa PSIS bekerja secara tim, bukan mengandalkan individu tertentu. Hal ini sesuai filosofi yang dibawa Gilbert Agius ketika melatih Laskar Mahesa Jenar.

Gilbert Agius menyebut cara bermain PSIS bukan bergantung formasi atau sebelas nama tertentu. Progres ini menjadi modal bagus menantang jawara musim ini, PSM, di Jatidiri, Kamis (6/4/23).

"Sejujurnya, soal formasi, kita memang terus ganti. Itu membuat kita banyak kombinasi," kata Gilbert Agius.

"Hal terpenting adalah bagaimana cara pemain bermain dan saat membawa bola, bukan formasinya. Prinsipnya untuk selalu bermain bagus," katanya lagi.

Namun, Gilbert Agius menyadari bahwa PSM Makassar bukan tim sembarangan. Keberhasilan mengunci gelar pada pekan ke-32 memberi bukti kuatnya tim racikan Bernardo Tavares.

Mantan bomber Timnas Malta ini berharap, hal-hal baik yang ada saat partai melawan PSS Sleman kembali dilanjutkan pada partai kandang pamungkas musim ini.

"PSM adalah tim yang bagus. Mereka juara musim ini. Game pastinya akan berjalan sulit. Semoga performa bagus melawan PSS bisa dilanjutkan saat melawan PSM," ungkap Gilbert Agius.