Liga Indonesia

Soroti Piala Dunia U-20, Agus Harimurti Yudhoyono Prihatin Nasib Timnas U-20

Rabu, 5 April 2023 14:15 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© demokrat.or.id
Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (tengah-kiri). Copyright: © demokrat.or.id
Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (tengah-kiri).

INDOSPORT.COM - Pidato Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, Senin (3/4/23), awalnya kental dengan muatan politik. Terutama berkaitan dengan Pemilu 2024. 

Di depan para kader Partai Demokrat, Agus mengutarakan kondisi terkini. Tak terkecuali ancaman dari Moeldoko yang belum lama ini mengajukan PK ke Mahkamah Agung (MA).

Kemudian, pidatonya pun tiba berbelok kepada pembahasan sepak bola. Dia mengatakan tahun politik menuju Pemilu 2024 banyak berimbas ke berbagai sektor, salah satunya olahraga. 

Indikasinya adalah kandasnya mimpi timnas Indonesia U-20 berpartisipasi di Piala Dunia U-20 menyusul pembatalan status tuan rumah oleh FIFA.

Agus menyebutkan, persiapan timnas U-20 untuk berlaga di Piala Dunia U-20 selama tiga tahun terakhir harus kandas hanya karena ada kepentingan politik pihak tertentu.

Sayangnya, AHY memang tak memberikan pandangan secara detail terkait Piala Dunia U-20. Termasuk perihal penolakan sebagian tokoh masyarakat kepada Israel andai tetap digelar di Indonesia.

Saat ditanya, Agus Harimurti Yudhoyono hanya menjawab singkat. "Sudah dijawab," ujar putra sulung Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono tersebut. 

Diketahui, Indonesia sempat menyandang status tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 berdasarkan hasil bidding yang dilakukan PSSI pada 2019 silam. 

Sejak saat itu, Indonesia bersiap dengan menyiapkan stadion di enam kota, termasuk di Bali dan Solo. Sekaligus mempersiapkan timnas yang akan bertanding.

Namun, mendekati waktu pelaksanaan drawing atau pengundian grup peserta, FIFA membatalkan acara yang awalnya akan digelar di Denpasar, Bali, pada 31 Maret lalu.