In-depth

Atlet Israel Bakal Tanding di Bali, Ganjar Pranowo Minta Koster Jangan Kecolongan Lagi

Selasa, 4 April 2023 18:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© INASPOC
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meminta Gubernur Bali, Wayan Koster agar tidak kecolongan karena ada atlet Israel yang lolos kualifikasi ANOC World Beach Games 2023 di Bali. Copyright: © INASPOC
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meminta Gubernur Bali, Wayan Koster agar tidak kecolongan karena ada atlet Israel yang lolos kualifikasi ANOC World Beach Games 2023 di Bali.

INDOSPORT.COM - Sejumlah atlet Israel bakal tanding di ANOC World Beach Games 2023 di Bali. Ganjar Pranowo meminta pada Wayan Koster agar tidak kecolongan lagi.

Jalur kualifikasi World Beach Games 2023 belum sepenuhnya rampung. Meski begitu, sudah ada atlet-atlet yang lolos dari jalur kualifikasi untuk berlaga di Pulau Dewata.

Dari cabang open water swimming nomor women's 5 kilometers, atlet Israel telah dinyatakan lolos sejak Juni 2022. Ia adalah perenang berdarah Amerika, Eva Fabian.

Begitu pula di cabor basket 3x3, wakil Israel masuk daftar yang lolos bersama 14 negara lain, termasuk Indonesia yang menjadi tuan rumah, mengacu data 4 November 2022.

Jumlah atlet Israel yang berlaga berpeluang bertambah, karena masih banyak kualifikasi cabang olahraga yang yang digelar hingga World Beach Games 2023 digelar Agustus nanti.

Sebelum ini pun, ada beberapa atlet asal Israel yang pernah berlaga di Indonesia. Namun mereka baru terkuak saat Piala Dunia U-20 batal dihelat di Tanah Air.

Pebulutangkis tunggal putra asal Israel, Milsha Zilberman pernah mengikuti pentas Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2015 di Istora Senayan, Jakarta, dan mendapat kawalan dari BWF sehingga ia bisa bertanding.

Atlet Israel lainnya pernah unjuk gigi di Indonesia tanpa mengalami masalah, ada Yuval Shemla dan Noa Shiran yang ambil bagian di Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2022.

Politisi PDIP yang sebelumnya vokal menolak kedatangan Israel ke Piala Dunia U-20, Ganjar Pranowo mengaku jika insiden ini adalah sebuah kecolongan.

Maka dari itu, Ganjar Pranowo meminta Gubernur Bali, Wayan Koster untuk ambil sikap secepat mungkin, sebelum atlet Israel tampil di ANOC World Beach Games 2023.