Liga Indonesia

Piala Dunia U-20 Batal, Begini Respons Pertama Ganjar Pranowo dan Wayan Koster

Kamis, 30 Maret 2023 14:41 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© Humas Jatengprov
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mendapat kecaman di media sosial karena batalnya Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia. Copyright: © Humas Jatengprov
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mendapat kecaman di media sosial karena batalnya Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

INDOSPORT.COM - Piala Dunia U-20 2023 akhirnya batal dihelat di Indonesia, begini respons pertama dari Gubernur Ganjar Pranowo dan Wayan Koster.

Ganjar Pranowo dan Wayan Koster jadi sasaran kemarahan warganet yang tidak terima saat FIFA menarik status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Pasalnya, sebelum keputusan ini diambil, Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah) dan Wayan Koster (Gubernur Bali) memberikan pernyataan menolak kehadiran Timnas Israel di Piala Dunia U-20.

Pada 14 Maret 2023 lalu, Wayan Koster mengirim surat resmi penolakan Israel bernomor T.00.426/11470/SEKRET.

"Kami mohon agar Bapak Menteri mengambil kebijakan untuk melarang Tim dari Negara Israel ikut bertanding di Provinsi Bali," tulisnya ketika itu yang berbuntut pembatalan drawing Piala Dunia U-20 di Bali. 

Setelah itu, muncul penolakan kehadiran Timnas Israel yang datang dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, karena berkaca dari pengalaman Ir. Soekarno.

"Saya berharap agar diupayakan langkah-langkah terobosan bersama, tanpa kehadiran Israel," kata Ganjar Pranowo kala itu. 

Siapa sangka, pernyataan dua pejabat pemerintahan ini berdampak besar. FIFA akhirnya membatalkan Piala Dunia U-20 di Indonesia, dan bukan tak mungkin akan menjatuhkan sanksi.

Bahkan, kedatangan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir ke Doha, Qatar, yang membawa surat jaminan keamanan dari Presiden Joko Widodo, juga tak bisa mengubah pendirian FIFA.