Liga Indonesia

Waketum PSSI Jelaskan Nasib 3 Calon Pemain Naturalisasi, Masih Terus Komunikasi

Rabu, 5 April 2023 14:35 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Waketum PSSI Zainudin Amali mengabarkan proses naturalisasi tiga pemain Timnas Indonesia U-20 tetap berjalan. Copyright: © Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Waketum PSSI Zainudin Amali mengabarkan proses naturalisasi tiga pemain Timnas Indonesia U-20 tetap berjalan.

INDOSPORT.COM - Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI, Zainudin Amali mengabarkan proses naturalisasi tiga pemain Timnas Indonesia U-20 tetap berjalan. Tiga pemain yang dimaksud adalah Rafael Struick, Ivar Jenner dan Justin Hubner.

Batalnya Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia membuat banyak pihak bertanya-tanya soal nasib tiga pemain muda itu. Mereka awalnya disiapkan untuk tampil di kejuaraan dua tahunan tersebut.

Apalagi, Justin Hubner sempat mendapat panggilan untuk bela Timnas Belanda U-20. Dia bermain di laga uji coba lawan Prancis U-20 pada 25 Maret.

Menurut Waketum PSSI, proses naturalisasi tiga pemain keturunan Belanda itu masih sesuai prosedur. PSSI menunggu kabar dari Setneg dan Kemenkumham untuk pengambilan sumpah jadi WNI. 

Sebelumnya proses naturalisasi Justin, Rafael dan Ivar sudah disetujui oleh DPR RI melalui rapat Paripurna.

"Kami masih menunggu kabar dari sana, dokumen sudah di Setneg. Pembahasan sudah sampai Paripurna," buka Waketum PSSI.

"Tapi belum tentu tiga-tiganya juga, kalau ada yang dilihat dari pihak sana ada yang keberatan," imbuhnya.

Zainudin Amali menjelaskan, sejauh ini belum ada informasi atau penolakan dari tiga pemain tersebut. Hanya saja, PSSI masih harus berkomunikasi lebih lanjut, terutama dengan Justin Hubner yang sempat bermain untuk Timnas Belanda U-20 belum lama ini. 

"Konfirmasinya sih oke yang dua, yang satu masih dikonfirmasi lagi. (Yang satunya si Justin?) Iya, itu harus dikomunikasikan lagi," jelas eks Menpora itu.