Bola Internasional

Kans Timnas Indonesia Main di Piala Dunia U-17, Dennis Wise Diminta Jadi Pelatih

Sabtu, 8 April 2023 14:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-16 saat Juara Piala AFF U-16 2022. Mereka berpeluang tampil di Piala Dunia U-17 jika Indonesia menjadi host. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-16 saat Juara Piala AFF U-16 2022. Mereka berpeluang tampil di Piala Dunia U-17 jika Indonesia menjadi host. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia berpeluang tampil di Piala Dunia U-17 jika PSSI berhasil melobi untuk menjadi tuan rumah. Dennis Wise juga diminta menjadi pelatih.

Diketahui, Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, disinyalir karena adanya penolakan kepada Israel yang lolos kualifikasi.

FIFA tidak ingin menanggung resiko terkait keamanan dan keselamatan para pemain, sehingga memilih untuk mencabut hak Indonesia sebagai tuan rumah.

Di sisi lain, FIFA juga membatalkan Piala Dunia U-17 2023 di Peru, karena tidak siap secara infrastruktur. Padahal turnamen ini akan dihelat mulai 10 November 2023 nanti.

Mengingat Indonesia sudah berbenah secara infrastruktur menjelang Piala Dunia U-20, banyak pihak yang berharap PSSI bisa melobi untuk jadi host Piala Dunia U-17.

Apalagi pada Piala Dunia U-17, tidak ada Timnas Israel. Hal ini bisa menjadi win-win solution bagi sejumlah pihak yang sempat kecewa usai Piala Dunia U-20 dibatalkan.

Harapan ini juga disampaikan oleh salah satu pengamat sepak bola nasional, Bung Kusnaeni melalui tayangan di Kompas TV.

"Peluang itu menurut saya akan sangat terbuka," ungkap Bung Kusnaeni.

"Pertama, sudah pasti FIFA mencabut haknya Peru, sehingga sekarang opsinya terbuka (untuk jadi tuan rumah)," jelasnya.

"Kedua, menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 bagi banyak negara kurang menarik, karena negara-negara Eropa lebih senang kalau mendapat kesempatan tuan rumah Piala Dunia Senior atau Piala Dunia U-20."

"Ketiga, pengambilan keputusan untuk tuan rumah Piala Dunia U-17 itu tidak seberat pengambilan keputusan untuk Piala Dunia Senior, baik putra maupun putri," jelasnya.