In-depth

Prediksi Drawing Piala Asia 2023, Timnas Indonesia Bisa Segrup dengan Korea Selatan

Senin, 10 April 2023 21:46 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi Witan Sulaeman usai mencetak gol pertama Timnas Indonesia ke gawang Burundi pada FIFA Matchday di stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Selasa (28/03/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi Witan Sulaeman usai mencetak gol pertama Timnas Indonesia ke gawang Burundi pada FIFA Matchday di stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Selasa (28/03/23).

INDOSPORT.COM - Drawing Piala Asia 2023 akan digelar di Doha, Qatar pada 11 Mei 2023 mendatan, di mana Timnas Indonesia berpotensi segrup dengan Korea Selatan.

Dilansir dari unggahan resmi media sosial AFC pada Jumat (07/04/23) lalu, Timnas Indonesia telah bergabung di pot 4 bersama negara ASEAN lainnya seperti Thailand dan Malaysia.

Hal itu membuat Timnas Indonesia dipastikan tidak akan bersua Malaysia dan Thailand di penyisihan grup nantinya. Skuat Garuda senior berpotensi masuk grup neraka yang dihuni oleh negara-negara kuat dari pot 1 hingga 3.

Di Pot 1 sendiri, ada Jepang, Iran, Korea Selatan, Australia, Arab Saudi dan Qatar yang berstatus sebagai tuan rumah.

Kemudian di pot 2 ada UEA, Oman, Uzbekistan, China, dan Yordania. Di pot 3 diisi oleh Vietnam, Bahrain, Suriah, Palestina, Republik Kyrgyz, dan Lebanon.

Satu-satunya lawan yang mungkin bisa jadi sumber poin Timnas Indonesia di penyisihan grup Piala Asia 2023 nanti adalah di pot 3.

Hal ini dinilai dari segi kekuatan dan ranking FIFA, sepertinya skuat Garuda masih bisa mengimbangi atau bahkan menang.

Akan tetapi, bila bersua tim-tim dari pot 1, hal ini akan menjadi ujian berat Shin Tae-yong. Apalagi Timnas Indonesia bisa nantinya berada satu grup dengan negara sang pelatih yakni Korea Selatan.

Meski begitu, Shin Tae-yong yang sudah hafal karakter para pemain Korea Selatan dipercaya bisa merancang taktik jitu untuk mematikan Son Heung-min dkk.