Liga Indonesia

Resmi Kantongi 3 Slot, PSM, Bali United, Persija dan Persib Berebut Tiket LCA dan Piala AFC

Selasa, 11 April 2023 07:35 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© INDOSPORT
Logo Piala AFC. Copyright: © INDOSPORT
Logo Piala AFC.

INDOSPORT.COM - Teka-teki wakil Indonesia di kompetisi antar klub Asia musim 2023-2024, yakni Liga Champions Asia dan Piala AFC, sudah ada titik terang. 

Berdasarkan keputusan dari AFC yang sudah diinformasikan ke PSSI, ada tiga slot untuk klub Indonesia yang bisa berpartisipasi di dua ajang itu.   

Tapi, ketiga slot tersebut tidak langsung didapat secara otomatis. Klub Indonesia mendapat jatah play-off Liga Champions, babak penyisihan grup Piala AFC, dan play-off Piala AFC. 

“PSSI sudah bersurat ke AFC terkait nominasi dan kriteria dari wakil Indonesia yang berhak tampil di tiga slot yang sudah diinformasikan AFC,” jelas Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Ferry Paulus, Senin (10/4/23).

Ferry Paulus menjelaskan, berdasarkan informasi dan keputusan PSSI, slot peserta di play-off babak Liga Champions Asia akan diwakilkan pemenang play-off kampiun Liga 1 2021-2022, Bali United, menghadapi juara Liga 1 2022-2023, PSM Makassar.  

Atau dalam bahasa sederhananya, juara musim lalu, Bali United, akan diadu dengan juara musim ini, PSM Makassar. Pemenangnya nanti berhak ikut kualifikasi Liga Champions Asia. 

Lalu, tim yang kalah dari babak play-off LCA tersebut, lanjut Ferry, akan dapat tiket langsung atau berhak tampil di penyisihan grup Piala AFC. 

"Tim yang kalah dalam play-off tersebut, statusnya langsung hadir di Piala AFC pada babak penyisihan grup,” ujar Ferry Paulus. 

Khusus untuk slot ketiga atau yang berhak mewakili Indonesia di play-off Piala AFC, akan diikuti oleh klub peringkat kedua atau runner-up Liga 1 2022-2023 atau musim ini.

“Tak ada lagi play-off untuk slot yang ketiga. PSSI sudah menentukannya secara langsung,” tegas mantan bos Persija Jakarta tersebut.