In-depth

Deretan Keuntungan Persib Bandung Usai Kembali Berkandang di Stadion GBLA

Kamis, 13 April 2023 20:30 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
© Arif Rahman/INDOSPORT
Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, akhirnya bisa digunakan Persib Bandung untuk melakoni pertandingan kandang pemungkas Liga 1 Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, akhirnya bisa digunakan Persib Bandung untuk melakoni pertandingan kandang pemungkas Liga 1

INDOSPORT.COM - Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, akhirnya bisa digunakan Persib Bandung untuk melakoni pertandingan kandang pemungkas Liga 1 2022-2023 menghadapi Persikabo 1973, Sabtu (15/04/23).

Kepastian stadion berkapasitas 38 ribu tempat duduk tersebut bisa digunakan oleh skuat Maung Bandung, disampaikan langsung oleh Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono.

Menurut Teddy, manajemen Persib sudah mendapatkan lampu hijau untuk menggunakan Stadion GBLA sebagai venue pertandingan pemungkas kompetisi Liga 1 2022-2023 menghadapi Persikabo dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Kembali Persib bermain di Stadion GBLA, tentunya menjadi kabar baik bagi pelatih dan pemain Persib maupun Bobotoh. Sekaligus, bakal banyak keuntungan yang didapat skuad Maung Bandung dengan bermain di stadion yang terletak di kawasan Gedebage tersebut.

Pasalnya, sebelumnya terutama di putaran kedua kompetisi Liga 1 2022-2023, skuat Maung Bandung harus bermain di luar Bandung. Karena, Stadion tersebut disiapkan untuk Piala Dunia U-20 2023.

Selama Stadion GBLA disiapkan untuk venue latihan tim peserta Piala Dunia U-20 2023, sejak Januari 2023 skuat Maung Bandung harus memindahkan home base-nya keluar Kota Bandung.

Selain itu, tim kebanggaan Bobotoh juga tidak dapat menggunakan Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, sebagai alternatif home base. Lantaran, Stadion tersebut disiapkan sebagai salah satu venue pertandingan Piala Dunia U-20 2023.

Sehingga, Persib akhirnya melakoni pertandingan kandang di luar Bandung, yakni di Stadion Pakansari, Bogor. Laga perdana skuat Maung Bandung di Stadion tersebut, yakni menghadapi Borneo FC pada pekan ke-20 kompetisi Liga 1 2022-2023.

Pada pertandingan perdana di Stadion Pakansari itu, skuat Maung Bandung tidak mendapat dukungan langsung dari Bobotoh. Pasalnya, laga tersebut digelar tanpa penonton.

Sebelumnya, Persib sempat kesulitan untuk menggunakan Stadion di luar Bandung sebagai home base, pasalnya Stadion tersebut digunakan oleh beberapa tim peserta kompetisi Liga 1 2023-2023.

Selain itu, sebelum menggunakan Stadion Pakansari, Persib sudah lebih dulu mengajukan untuk menggunakan Stadion Wibawa Mukti, Bekasi, sebagai home base di putaran kedua kompetisi Liga 1 2022-2023. Namun, tidak mendapatkan izin.

Sehingga pertandingan Persib Bandung menghadapi Bhyangkara FC, pada putaran kedua kompetisi Liga 1 2022-2023 yang sebelumnya akan digelar pada Senin (16/01/22) di Stadion Wibawa Mukti, terpaksa ditunda.

Pertandingan tunda menghadapi Bhayangkara FC tersebut, baru bisa digelar pada 24 Maret 2023 di Stadion Pakansari, Bogor. Pada laga tersebut, Persib berhasil meraih kemenangan dengan skor 2-1.