Liga Indonesia

Kena 'Prank' Piala Dunia U-20, PT LIB Akui Jadwal Liga 1 Musim Ini Tak Ideal

Jumat, 14 April 2023 10:20 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© PT LIB
Direktur operasional PT LIB, Sudjarno. Copyright: © PT LIB
Direktur operasional PT LIB, Sudjarno.

INDOSPORT.COM - Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB), Sudjarno, mengakui bahwa Liga 1 Indonesia 2022-2023 berjalan tidak ideal bagi pemain. 

Situasi itu harus terjadi karena kompetisi awalnya dirancang sedemikian rupa untuk menyesuaikan dengan agenda Piala Dunia U-20 2023.

Liga 1 2022-2023 akan berakhir pada Minggu (16/4/23). Kompetisi ditutup dengan pertandingan antara PSM Makassar melawan Borneo FC di Stadion BJ Habibie, Parepare.

Selesainya kompetisi menjadi kelegaan di tengah perjalanan Liga 1 2022-2023 yang berliku. Kompetisi sempat terhenti dua bulan karena Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 33 suporter dan dua anggota Polri.

Kompetisi ini juga memberi tantangan bagi para pemain. Beberapa klub, salah satunya PSIS Semarang, pernah bertanding empat kali dalam tempo 12 hari.

Tantangan itu pun diakui Sudjarno. Andai lika-liku tak terjadi pada musim ini, sejatinya para pemain mendapat waktu persiapan yang sangat ideal.

"Memang tak mudah. Ada banyak kendala. Koordinasi dengan semua pelaku juga lebih maksimal lagi, termasuk penyesuaian dengan FIFA Matchday serta harus berakhir 16 April, yang dulu berkaitan Piala Dunia U-20," kata Sudjarno saat ditemui di Sleman, Kamis (13/4/23).

"Dengan waktu yang padat, mau nggak mau, yang awalnya recovery harusnya lima atau enam hari jadi dua atau tiga hari saja. Memang itu tak ideal dengan recovery sangat pendek, tapi waktunya sangat mepet," lanjutnya.

Sudjarno bersyukur musim ini bisa segera terselesaikan. Butuh kerja ekstra dari berbagai pihak untuk menyukseskan gelaran yang disponsori Bank BRI ini.