In-depth

Cerita Perjuangan Firman Utina di Piala AFF 2010, Disuntik Pereda Nyeri demi Bela Timnas Indonesia

Senin, 24 April 2023 17:00 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
© Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
Perhelatan Piala AFF 2010 sepertinya memiliki cerita tersendiri di diri mantan legenda Timnas Indonesia, Firman Utina. Copyright: © Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
Perhelatan Piala AFF 2010 sepertinya memiliki cerita tersendiri di diri mantan legenda Timnas Indonesia, Firman Utina.

INDOSPORT.COM - Perhelatan Piala AFF 2010 sepertinya memiliki cerita tersendiri di diri mantan legenda Timnas Indonesia, Firman Utina. Bagaimana tidak, di ajang tersebut, Firman Utina ternyata harus rela kakinya disuntik sebanyak 20 ampul obat pereda nyeri demi bisa membela Merah Putih.

Perhelatan Piala AFF sepertinya memang menjadi bahan yang menarik untuk dibicarakan. Pesta sepak bola di Asia Tenggara ini Selau memiliki cerita tersendiri bagi Timnas Indonesia.

Salah satunya ialah perhelatan Piala AFF 2010. SKuat Garuda yang begitu perkasa di babak penyisihan grup, justru tidak bisa berkutik banyak saat di partai final.

Bagaimana tidak, menghadapi Malaysia di babak final, Timnas Indonesia secara mengejutkan takluk 0-3 di markas Malaysia. Sehingga kemenangan 1-2 pada leg kedua juga menjadi tidak berharga karena Timnas Indonesia masih harus gagal merengkuh gelar juara Piala AFF.

Di balik cerita kegagalan Timnas Indonesia di masa itu, ternyata perhelatan Piala AFF 2010 juga memiliki kisah tersendiri untuk sosok Firman Utina.

Bagaimana tidak, tanpa banyak yang tahu, ternyata Firman Utina harus rela kakinya mendapat suntikan sebanyak 20 suntikan obat pereda nyeri demi bisa tampil di babak final.

Cerita berawal saat dirinya mendapat cedera ACL di leg kedua babak semifinal saat melawan Filipina di mana dia mendapat pelanggaran keras dari salah atau pemain Filipina.

“Jadi saat leg kedua semifinal itu, saya kena (cedera) sama pemain Filipina yang naturalisasi itu, saya lupa namanya,” kenang Firman Utina saat ditemui di Jakarta belum lama ini.

“Karena cedera itu, seharusnya saya naik meja operasi dan selesai sudah saya di ajang Piala AFF,” tambah Firman.

Firman pun mengatakan saat kondisi itu pelatih Timnas Indonesia saat itu, Alfred Riedl menyambangi dirinya di kamar hotel selepas pertandingan.

“Saat itu pelatih Alfred Riedl datang ke kamar saya. Saya satu kamar dengan Bambang Pamungkas.”

“Saya bertanya dengan dia, apakah kamu sangat menginginkan saya berada di lapangan,?” tambah Firman.

“Coach Alfred bilang dia sangat membutuhkan saya, tapi dia tidak mau memaksakan saya karena bisa bahaya untuk karier saya,” kenang Firman.