Bola Internasional

Gali Freitas 'si Anak Ajaib' Timor-Leste Absen di SEA Games, Netizen Kecewa

Rabu, 26 April 2023 09:55 WIB
Penulis: Martini | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© MOHD RASFAN/AFP/Getty Images
Paulo Domingos Gali Da Costa Freitas (tengah) tidak akan bermain di SEA Games 2023. Foto: MOHD RASFAN/AFP/Getty Images. Copyright: © MOHD RASFAN/AFP/Getty Images
Paulo Domingos Gali Da Costa Freitas (tengah) tidak akan bermain di SEA Games 2023. Foto: MOHD RASFAN/AFP/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Paulo Gali Freitas, si anak ajaib dari Timor-Leste harus absen membela negaranya di sepak bola SEA Games 2023 Kamboja. Netizen Indonesia ikut kecewa.

Beberapa tahun lalu, Paulo Domingos Gali da Costa Freitas menuai popularitas tinggi di Indonesia. Ia bermain di Timnas Timor-Leste dalam berbagai kelompok umur.

Kualitas Gali Freitas tak perlu diragukan lagi. Ia selalu dipakai oleh Timnas Timor-Leste di berbagai level usia, mulai dari U-16, U-19, hingga di level senior. Alhasil, banyak yang menyebutnya melakukan pencurian umur.

Melansir Soccerway, Gali Freitas sempat membela Timnas Senior Timor Leste pada ajang play-off Piala AFF 2018.

Setahun berselang, tiba-tiba saja Gali Freitas tampil di Piala AFF U-15 2019, satu angkatan dengan Marselino Ferdinan dkk. Kala itu, ia diklaim masih berusia 15 tahun.

Gali Freitas bahkan selalu tampil sebagai andalan Timnas Timor-Leste dan sukses mengemas tujuh gol, sehingga otomatis menjadi top skor Piala AFF U-15 2019.

Kemudian, memasuki kualifikasi Piala Asia U-19 2020, Timor-Leste yang mengandalkan Gali Freitas lagi, berada satu grup dengan Timnas Indonesia U-19, Hong Kong, dan Korea Utara.

Selain itu Gali Freitas juga sempat tampil dalam dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Berdasarkan data Transfermarkt dan situs resmi AFF, Paulo Gali Freitas lahir pada 31 Desember 1996. Namun di laman World Football, ia lahir pada 31 Desember 2004.

Jika ditelisik, dua data ini hanya berbeda di tahun kelahirannya saja, sedangkan tanggal dan bulan lahir mereka sama, 31 Desember.

Lantas, memasuki agenda SEA Games 2023 Kamboja yang menggunakan para pemain usia U-22 tahun, apakah Paulo Gali Freitas akan kembali membela Timnas Timor-Leste?