Liga Indonesia

PSIS Semarang Bongkar Pasang Pertahanan, Nama Pratama Arhan Ikut Dibawa-bawa

Rabu, 26 April 2023 15:23 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Bos PSIS Semarang memastikan tidak mau dicalonkan kembali untuk Exco PSSI periode berikutnya. Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Bos PSIS Semarang memastikan tidak mau dicalonkan kembali untuk Exco PSSI periode berikutnya.

INDOSPORT.COM - PSIS Semarang belajar banyak dari kegagalan musim lalu. Menatap Liga 1 Indonesia 2023-2024, klub melakukan bongkar pasang lini belakang dengan turut membawa-bawa nama Pratama Arhan.

Lini belakang PSIS memang sangat mengecewakan sepanjang 2022-2023. Ada banyak kesalahan individual maupun sistem bertahan yang membuat gawang mereka sering kebobolan.

Total gawang PSIS jebol 53 kali dalam 34 pertandingan musim lalu, jauh melambung bila dibandingkan 2021-2022 (34). Begitu pula musim 2019 (41 gol).

Makanya, bongkar pasang yang dilakukan PSIS di lini belakang sangat serius. Mereka tanpa ragu merekrut Haykal Alhafiz, personel kejutan dalam skuat timnas Indonesia U-22 proyeksi SEA Games 2023.

Bos PSIS Semarang, Yoyok Sukawi, menyebut Haykal merupakan pemain yang sudah dipantau oleh tim pelatih. Dia memiliki spesialisasi sebagai bek kiri murni berkaki kidal.

"Semoga nanti sepulang dari timnas Indonesia, Haykal bisa langsung beradaptasi dengan tim dan membawa PSIS berprestasi di musim depan," kata Yoyok Sukawi, Selasa (25/4/23).

Yoyok turut menyebut nama Pratama Arhan, namun bukan bermaksud membawa pulang ke Indonesia. PSIS tetap mendukung sang pemain berkarier di luar negeri, hanya saja Haykal punya kemiripan.

"Haykal memiliki kelebihan sebagai pemain yang kaki kiri murni alias kidal, terakhir kami punya pemain dengan kaki kiri murni di pos bek kiri adalah Pratama Arhan," jelas Yoyok Sukawi.

PSIS Semarang belum mengumumkan perekrutan lain selain Haykal. Ada kemungkinan nama lain akan diperkenalkan pada pekan ini.

"Bukan berarti di media sepi, lalu (tidak ada incaran). Insha Allah kami mempersiapkan dengan betul untuk kompetisi musim depan," tegas General Manager PSIS Semarang, Wahyoe "Liluk" Winarto.