Liga Indonesia

Liga 1: Dicurigai Minim Bujet Transfer, Pelatih Arema FC Beri Bantahan Berkelas

Sabtu, 29 April 2023 15:11 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
© MO Arema FC
Pelatih Arema FC, Joko Susilo. (Foto: MO Arema FC) Copyright: © MO Arema FC
Pelatih Arema FC, Joko Susilo. (Foto: MO Arema FC)

INDOSPORT.COM - Arema FC mengambil kebijakan berbeda dibanding musim-musim sebelumnya dalam memulai persiapan tim menatap Liga 1 Indonesia 2023-2024.

Sebagai tim yang berkompetisi di Liga 1, Arema FC tentu harus menghimpun kekuatan dengan materi pemain berpengalaman, baik lokal maupun asing.

Tapi untuk musim baru nanti, mereka menempuh cara yang berbeda. Arema FC belakangan menggelar seleksi secara terbuka bagi Arek-Arek Malang.

Kebijakan ini pun lantas menuai beragam respon dari publik sepak bola. Banyak yang bilang program seleksi menggambarkan Arema FC sedang minim bujet transfer pemain.

Asumsi ini berbanding lurus dengan gelaran seleksi bagi para pemain lokal putra daerah. Jika mereka masuk skuat, tentu harganya lumayan miring dari segi budget.

Namun, Joko Susilo tak sepakat dengan asumsi itu. Sebagai sosok yang dipercaya memimpin tim pelatih seleksi, dia punya persepsi berbanding terbalik.

"Banyak yang belum mengerti. Kalau kami mencoba memaksimalkan potensi lokal Malang untuk direkrut, memangnya kenapa?" cetus Joko Susilo, Kamis (27/4/23).

"Karena tim profesional memang harus begini. Jangan sampai hanya bagus untuk satu musim, tapi juga siapkan tim untuk masa depan," tambahnya.

Pada tahap pertama, pihaknya melakukan seleksi terhadap para alumni akademi klub yang sudah maupun belum tertampung klub pada musim lalu.

Sementara untuk seleksi pada Jumat (28/4/23) dan Sabtu (29/4/23), pihaknya akan melakukan seleksi yang bersifat umum, khususnya dari Malang Raya.