Liga Champions

Gawat! Gara-gara Klub Prancis, AC Milan Terancam Tak Bermain di Eropa Musim Depan

Senin, 1 Mei 2023 12:28 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
© uefa
AC Milan terancam tidak bisa tampil di kompetisi Eropa musim depan setelah klub Prancis, Toulouse, lolos ke Liga Europa usai juara Piala Prancis. Copyright: © uefa
AC Milan terancam tidak bisa tampil di kompetisi Eropa musim depan setelah klub Prancis, Toulouse, lolos ke Liga Europa usai juara Piala Prancis.

INDOSPORT.COM – AC Milan terancam tidak bisa tampil di kompetisi Eropa musim depan setelah klub Prancis, Toulouse, lolos ke Liga Europa musim depan lewat jalur juara Piala Prancis. Kok bisa?

Toulouse FC berhasil keluar sebagai juara Piala Prancis 2023. Kepastian itu didapat usai mengalahkan Nantes 5-1 pada laga final di Stade de France, Minggu (30/04/23) dini hari WIB

Toulouse langsung unggul telak 4-0 di babak pertama lewat aksi brace Logan Costa (4' dan 10') serta Thijs Dallinga (23' dan 31')

Pada babak kedua, Nantes berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 1-4 melalui tendangan penalti Ludovic Blas pada menit 75'.

Namun selang empat menit kemudian, Zakaria Aboukhlal memperbesar keunggulan Toulouse menjadi 5-1 sekaligus memastikan trofi Piala Prancis jatuh ke tangan mereka.

Kemenangan ini mereka telah mengamankan satu tempat di Liga Europa musim depan. Namun, hal ini berpotensi menimbulkan masalah bagi AC Milan.

Pasalnya,  Toulouse dan AC Milan memiliki satu pemilik yang sama, yakni RedBird Capital. Toulouse sendiri lebih dulu dibeli oleh pemilik RedBird Capital, yakni Gerry Cardinale.

Gerry Cardinale membeli klub Prancis tersebut saat terdegradasi ke divisi dua dan berhasil meraih promosi kembali ke kasta pertama pada musim pertama.

Sementara menurut regulasi UEFA, hanya ada satu tim per pemilik yang dizinkan bertanding di kompetisi Eropa yang mereka naungi. Ini adalah peraturan UEFA, dikutip dalam pasal 5:

“Tidak ada orang atau badan hukum yang boleh memiliki kendali atau pengaruh terhadap lebih dari satu klub yang berpartisipasi dalam kompetisi klub UEFA.”