In-depth

Perjalanan Bek Muda Timnas U-20 dari Cianjur yang Baru Diperpanjang Kontrak oleh Persib

Selasa, 2 Mei 2023 20:40 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Herry Ibrahim
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kakang Rudianto menjadi salah satu pemain yang dipertahankan, untuk persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 musim 2023-2024. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kakang Rudianto menjadi salah satu pemain yang dipertahankan, untuk persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 musim 2023-2024.

INDOSPORT.COM - Kakang Rudianto menjadi salah satu pemain yang dipertahankan, untuk persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 musim 2023-2024 yang rencananya akan bergulir pada Juli mendatang.

Kepastian pemain yang berposisi sebagai bek ini, kembali menjadi bagian dari skuat Maung Bandung untuk Liga 1 musim 2023-2024, setelah manajemen Persib resmi memperpanjang kontrak Kakang.

Tak tanggung-tanggung bek asal Cianjur ini mendapatkan perpajangan kontrak dengan durasi yang cukup panjang dari PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) yakni hingga April 2026. 

Manajemen Persib memutuskan untuk memperpanjang durasi kontrak bek Timnas Indonesia U-20, karena penampilan apik yang ditujunjukkan Kakang bersama skuad Maung Bandung pada musim sebelumnya.

"Kontrak jangka panjang dari Persib tersebut, tak lepas dari penampilan Kakang yang selalu menunjukkan progres setiap musimnya," tulis keterangan dalam rilis yang diterima INDOSPORT, Senin (01/05/23).

Kakang merupakan salah satu pemain Diklat Persib yang mampu promosi ke tim senior. Ia saat itu direkrut bersama beberapa pemain Diklat lainnya, di antaranya Saiful, Ardi Maulana dan Ravil Shandyka Putra, untuk persiapan mengarungi lanjutan Kompetisi Liga 1 2020. 

Pelatih Persib, saat itu Robert Rene Alberts memutuskan untuk merekrut keempat pemain Diklat Persib ini, lantaran saat itu ada regulasi setiap tim wajib memasukan dua pemain U-20 dalam daftar susunan pemain (DSP). 

Saat itu, tiga pemain Diklat Persib sudah berlatih lebih dulu dengan skuad Maung Bandung, sedangkan Kakang baru bergabung dengan tim kebanggaan Bobotoh sekitar satu pekan. Meski begitu, kualitas Kakang sudah terlihat oleh tim pelatih dan layak untuk promosi ke tim senior.

Namun, Liga 1 2020 hanya berlangsung tiga pekan, dan Kakang tidak mendapatkan kesempatan bermain, pasalnya pandemi Covid-19 membuat kompetisi musim tersebut dihentikan.

Kakang yang sudah promosi ke tim senior pada kompetisi Liga 1 2020, sempat dipinjamkan ke Persib U-18 yang berlaga di Elite Pro Akademi Liga 1 U-18 2021.