Liga Indonesia

Rio Fahmi Ungkap 2 Sosok 'Guru Besar' dalam Kariernya, Ada Eks Timnas Italia

Sabtu, 6 Mei 2023 07:36 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pergerakan bek Persija Jakarta, Ilham Rio Fahmi dibayangi gelandang Borneo FC, Wahyudi Hamisi dalam laga pekan ke-30 BRI Liga 1 2021/2022, Kamis (10/3/22). Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pergerakan bek Persija Jakarta, Ilham Rio Fahmi dibayangi gelandang Borneo FC, Wahyudi Hamisi dalam laga pekan ke-30 BRI Liga 1 2021/2022, Kamis (10/3/22).

INDOSPORT.COM - Bek kanan timnas Indonesia U-22, Ilham Rio Fahmi, termasuk salah satu andalan di SEA Games 2023. Dia sudah mencatatkan dua assist meski baru sekali dimainkan.

Rio Fahmi membantu timnas U-22 menang telak 3-0 atas Filipina di laga pertama Grup A SEA Games 2023, Sabtu (29/4/23). Dia turun sejak menit awal dan memberikan dua assist kepada Marselino Ferdinan dan Fajar Fathurrahman.

Memasuki laga kedua kontra Myanmar, Kamis (4/5/23), Rio Fahmi sengaja diistirahatkan. Tenaganya disimpan untuk dua jadwal pamungkas timnas Indonesia U-22 mlawan Timor Leste dan Kamboja.

Pemanggilan Rio Fahmi sebagai bagian dari timnas U-22 bukannya tanpa alasan. Dia berstatus pemain muda terbaik Liga 1 2022-2023 dan masuk dalam Best XI musim lalu.

Bek berusia 21 tahun itu bermain selama 2.050 menit dalam 30 laga dan menyumbangkan satu gol serta dua assist untuk Persija Jakarta.

Rio mengakui pencapaian yang diraih sekarang tidak lepas dari peran dan bantuan dari dua mantan pemain Persija, yaitu Ismed Sofyan dan eks bek timnas Italia, Marco Motta.

“Saya sangat berterima kasih kepada mereka yang telah memberikan banyak wejangan kepada saya sebelum mereka berdua meninggalkan Persija,” ucap Rio Fahmi dikutip dari laman resmi Persija.

“Kehadiran Bang Haji Ismed Sofyan dan Marco Motta sebagai senior di musim lalu sangat membantu perkembangan permainan saya,” lanjutnya.

Rio yang notabene The Jakmania sejak kecil sangat mengidolakan Ismed. Kesempatan berada di satu tim yang sama membuat Rio banyak mengambil ilmu dari legenda hidup Persija tersebut.

“Bang Haji Ismed Sofyan idola saya sejak kecil dan memilki posisi yang sama. Maka dari itu saya banyak belajar dari beliau,” tutur Rio Fahmi.