In-depth

7 Pemain Naturalisasi yang Siap Bela Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Jumat, 12 Mei 2023 17:45 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© PSSI
Sandy Walsh dan Jordi Amat. Foto: PSSI Copyright: © PSSI
Sandy Walsh dan Jordi Amat. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong baru saja tergabung ke dalam Grup D di Piala Asia 2023 yang akan dimainkan Januari tahun depan di Qatar.

Di Grup D Piala Asia 2023, Timnas Indonesia bakal bersua lawan kuat yaitu Irak, Vietnam dan Jepang berdasarkan drawing yang dilakukan di Qatar, Kamis (10/05/23) kemarin.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong berkesempatan hadir langsung di acara drawing Piala Asia 2023.

Menyikapi hasil drawing, Erick Thohir menyatakan Timnas Indonesia siap bersaing di Grup D. Seluruh lawan dinilai tangguh, jadi persiapan skuat Garuda harus maksimal. 

Jepang jadi lawan paling berat karena berstatus juara empat kali Piala Asia dan langganan Piala Dunia. Bahkan, di Piala Dunia 2022 lalu, tim Samurai Biru sukses mengalahkan Jerman dan Spanyol.

Lalu ada Vietnam yang menjadi rival berat Timnas Indonesia di Asia Tenggara, serta Irak yang juga tak bisa dianggap enteng.

Meski menghadapi lawan tangguh, Erick Thohir menegaskan Indonesia tak gentar. Tim asuhan Shin Tae-yong disebut siap tampil habis-habisan.

"Kita sudah tahu kualitas Jepang levelnya sudah elite dunia, juga dengan Irak dan Vietnam. Seluruhnya adalah tim yang tangguh," katanya.

"Tapi semua bisa terjadi dalam 90 menit dan semua dimulai dengan skor 0-0. Kita siap, meski tantangannya tidak mudah," imbuhnya.

Selain itu, Shin Tae-yong diprediksi juga akan memakai jasa pemain naturalisasi di Timnas Indonesia. Ada setidaknya tujuh pemain keturunan Eropa yang bisa dipasang di Piala Asia 2023. Siapa saja mereka?