Liga Indonesia

Persiapan Hanya 39 Hari, Pemain Asing Anyar PSIS Semarang Datang Lebih Awal

Jumat, 12 Mei 2023 05:41 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Alvin Syaptia Pratama/INDOSPORT
PSIS Semarang hanya memiliki 39 hari untuk persiapan andai kompetisi Liga 1 2023-2024 dimulai pada 1 Juli mendatang. Copyright: © Alvin Syaptia Pratama/INDOSPORT
PSIS Semarang hanya memiliki 39 hari untuk persiapan andai kompetisi Liga 1 2023-2024 dimulai pada 1 Juli mendatang.

INDOSPORT.COM - PSIS Semarang hanya memiliki 39 hari untuk persiapan andai kompetisi Liga 1 2023-2024 dimulai pada 1 Juli mendatang. Rekrutan asing anyar tim Mahesa Jenar dijadwalkan datang lebih dahulu dari Taisei Marukawa dkk.

PSIS memutuskan untuk memulai latihan pada 22 Mei 2023. Penetapan jadwal itu lebih akhir dari tim-tim Liga 1 yang mayoritas akan memulai latihan pada 15 Mei 2023.

Bahkan, PSS Sleman dan Persebaya Surabaya sudah mulai berlatih pada Rabu (10/5/23) sore. Rata-rata klub memiliki waktu 45-50 hari untuk mempersiapkan diri.

PSIS cukup percaya diri dengan pemilihan waktu 22 Mei 2023. Program akan diawali dengan peningkatan level fisik para pemain setelah libur sebulan.

Khusus untuk pemain asing musim lalu, Carlos Fortes, Taisei Marukawa dan Vitinho diperbolehkan datang lebih akhir. Mereka diberi waktu sampai pekan pertama bulan Juni.

"Pemain lokal yang masih terikat kontrak dan masuk skema serta pemain baru yang sudah dirilis akan dikumpulkan untuk masuk program latihan fisik. Untuk pemain asing lama batas maksimum kedatangan tanggal 5 juni," ujar Chief Executive Officer (CEO) PSIS, Yoyok Sukawi, Kamis (11/5/23).

Situasi berbeda harus dihadapi pemain asing rekrutan anyar. PSIS meminta kandidat pemain yang akan dikontrak untuk musim 2023-2024 datang lebih awal dibandingkan Carlos Fortes dkk.

Hal itu berkaitan dengan pengecekan kondisi sekaligus dokumen untuk bisa main di Liga 1 2023-2024. PSSI memiliki kriteria khusus terkait strata dari klub terakhir yang dibela para pemain asing tersebut.

"Untuk pemain asing baru akan didatangkan lebih awal sekitar akhir Mei untuk mengikuti tes kesehatan dan apabila lolos langsung dikontrak serta diikutkan latihan fisik. Kita persiapan lebih dini untuk menguatkan fisik dan otot pemain lebih baik pasca libur," jelas Yoyok Sukawi.

Saat ini, pelatih kepala PSIS, Gilbert Agius, masih berada di Malta. Namun, manajemen secara rutin berkomunikasi dengan pelatih berlisensi UEFA Pro tersebut.