In-depth

Didikan Belgia dan Kegemilangan Marselino Ferdinan di SEA Games 2023

Minggu, 14 Mei 2023 13:48 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Heru Firmansyah/INDOSPORT
Marselino Ferdinan menjadi salah satu pemain kunci keberhasilan Timnas Indonesia U-22 menjadi juara Grup A dan lolos ke semifinal SEA Games 2023. Copyright: © Heru Firmansyah/INDOSPORT
Marselino Ferdinan menjadi salah satu pemain kunci keberhasilan Timnas Indonesia U-22 menjadi juara Grup A dan lolos ke semifinal SEA Games 2023.

INDOSPORT.COM - Marselino Ferdinan menjadi salah satu pemain kunci keberhasilan Timnas Indonesia U-22 menjadi juara Grup A dan lolos ke semifinal SEA Games 2023.

Sebelum dipanggil oleh Indra Sjafri ke Timnas Indonesia U-22, Marselino Ferdinan sempat unjuk gigi di klub kasta kedua Liga Belgia 2022-2023 yakni KMSK Deinze.

Marselino Ferdinan dikontrak oleh KMSK Deinze pada awal Februari 2023 lalu. Sebelum gabung, ia sempat menjalani trial di klub kasta tertinggi Belgia, KAA Gent.

Namun, pada akhirnya eks pemain Persebaya Surabaya tersebut malah bergabung bersama klub kasta kedua, KMSK Deinze. Pemain yang akrab disapa Marsel itu mendapatkan kontrak berdurasi 1,5 tahun hingga musim panas 2024.

Marselino Ferdinan tercatat sudah bermain selama empat pertandingan bersama KMSK Deinze dan mampu menyumbang satu gol.

Sebelum mencetak gol debut, Marselino Ferdinan sempat gagal masuk ke dalam starting XI saat KMSK Deinze bersua Excelsior Virton pada 22 April 2023 lalu.

Ia baru diturunkan di awal babak kedua, tepatnya pada menit ke-46. Wonderkid Timnas Indonesia tersebut masuk menggantikan peran Jur Schryvers.

Meski menjadi pemain pengganti, Marselino Ferdinan langsung membuktikan kualitas. Dirinya menyumbang gol pada menit ke-77 seusai memanfaatkan umpan dari Gaetan Hendrickx.

Gol dari Marselino Ferdinan mampu membawa KMSK Dienze menang dengan skor 3-1 atas Virton. Ini menjadi pencapaian luar biasa bagi seorang pemain yang masih berusia 18 tahun.

Bawa Dampak Positif untuk Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023

Marselino Ferdinan kemudian membawa dampak positif dari pengalamannya bermain di Eropa. Ia sukses menjadi bintang Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023.

Ia sempat datang terlambat bergabung ke dalam skuat asuhan Indra Sjafri, karena agenda padat bersama klub kasta kedua Liga Belgia.

Marselino Ferdinan bergabung ke pemusatan latihan timnas U-22, Senin (25/4/23) atau sehari sebelum berangkat ke SEA Games 2023. Dia hanya istirahat beberapa jam, sebelum melanjutkan perjalanan dari Jakarta ke Kamboja.

Meski sempat mengaku kelelahan, Marselino Ferdinan mampu membuktikan tajinya. Ia tercatat menciptakan dua gol dari tiga pertandingan di babak fase Grup A.

Lebih rincinya, Marselino tercatat telah mencatatkan 86 passing sukses dan dua gol dalam tiga penampilan di SEA Games 2023.

Kemudian di partai pamungkas Grup A menghadapi Kamboja, sang pemain harus dicadangkan oleh Indra Sjafri. Hal tersebut karena sang pelatih tidak ingin mengambil resiko bila terjadi cedera.

Terlepas dari itu, Marselino ke depannya bukan tidak mungkin akan tetap jadi andalan Timnas Indonesia di berbagai kompetisi selanjutnya.

Artikel ini disponsori oleh Indomie. Jangan lupa beli Indomie Goreng kesukaanmu DI SINI untuk menemani sobat INDOSPORT nonton pertandingan SEA GAMES 2023 dan Ayo Semangat Lagi bareng Indomie!