Liga Indonesia

Timnas U-22 Juara, Ribuan Warga Solo Tumpah Ruah Rayakan Medali Emas SEA Games 2023

Rabu, 17 Mei 2023 18:55 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Ribuan warga Solo saat menghadiri acara nonton bareng final sepak bola SEA Games 2023 di depan Balaikota Solo, Selasa (16/5/23). Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Ribuan warga Solo saat menghadiri acara nonton bareng final sepak bola SEA Games 2023 di depan Balaikota Solo, Selasa (16/5/23).

INDOSPORT.COM - Ribuan warga Solo tumpah ruah merayakan keberhasilan meraih medali emas cabang olahraga sepak bola SEA Games 2023. Euforia ini dilakukan dalam acara nonton bareng di depan Balai Kota Solo, Selasa (16/5/23).

Acara nonton bareng ini sejatinya tak direncanakan sejak jauh hari. Setelah kemenangan atas Vietnam di semifinal, permintaan warga Solo supaya digelar acara nonton bareng langsung meningkat.

Permintaan mengarah pada venue videotron yang berada tepat di depan Balai Kota Solo. Permintaan yang disampaikan melalui media sosial ini ternyata direspons Wali kota Gibran Rakabuming.

Jalan di depan Balai Kota Solo sudah ditutup sejak pukul 18.30 WIB. Awalnya, diprediksi hanya seribu warga saja yang memadati cara tersebut.

Namun ternyata, jumlah yang hadir benar-benar membludak. Diperkirakan ada lebih dari 5.000 orang yang menyaksikan perjuangan timnas Indonesia U-22.

Penonton yang datang turut serta membawa bendera merah putih dan bass drum. Penonton yang didominasi para suporter Persis Solo ini meneriakan yel-yel sepanjang pertandingan.

Suasana nonton bareng sempat pecah ketika pelatih Indra Sjafri berselebrasi karena mengira laga sudah bubar dengan skor akhir 2-1. Penonton yang datang sudah menyalakan belasan flare.

Namun, dalam hitungan detik, euforia berubah jadi tegang ketika wasit melanjutkan pertandingan dan Thailand mencetak gol penyama kedudukan.

Untung saja, suasana kembali semringah setelah winger Persis Solo, Irfan Jauhari, mencetak gol. Dua gol tambahan dari Fajar Faturrahman dan Beckham Putra membuat euforia kembali terjadi.

Penonton kemudian membentangkan bendera merah putih berukuran raksasa sembari menyaksikan lagu Indonesia Raya. Tumpah ruah ini diakhiri aksi konvoi keliling kota sembari pulang ke kediaman masing-masing.