Bola Internasional

Final SEA Games Indonesia vs Thailand Diwarnai Tawuran, PSSI Bakal Laporkan ke FIFA

Kamis, 18 Mei 2023 16:31 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
© PSSI/Eli Suhaeli/INDOSPORT
Federasi Sepak Bola Indonesia, PSSI, bakal melapor ke FIFA terkait kerususan yang terjadi selama laga Timnas Indonesia U-22 vs Thailan di final SEA Games 2023. Copyright: © PSSI/Eli Suhaeli/INDOSPORT
Federasi Sepak Bola Indonesia, PSSI, bakal melapor ke FIFA terkait kerususan yang terjadi selama laga Timnas Indonesia U-22 vs Thailan di final SEA Games 2023.

INDOSPORT.COM - Federasi Sepak Bola Indonesia, PSSI, bakal melapor ke FIFA terkait kerususan yang terjadi selama laga Timnas Indonesia U-22 vs Thailan di final SEA Games 2023.

Disampaikan Ketua Umum NOC, Raja Sapta Oktohari, mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, terkait rencana pelaporan insiden  ini.

“Kami telah melakukan komunikasi dengan Pak Erick Thohir.” kata Raja Sapta Oktohari, dikutip dari Antara News.

“Saat ini, PSSI sedang mengumpulkan bukti-bukti insiden di pertandingan final kemarin dan akan dilaporkan ke FIFA.” tambahnya.

Final sepak bola putra SEA Games ke-32 yang berlangsung di Kamboja pada Selasa (15/05/23) berakhir dengan kemenangan Timnas Indonesia U-22 dengan skor 5-2.

Kemenangan ini sekaligus mengakhiri penantian 32 tahun Timnas Indonesia meraih medali di ajang mult-olahraga se-Asia Tenggara tersebut.

Terlepas dari torehan sejarah Garuda Muda ini, final SEA Games 2023 ini juga meningggalkan ‘koreng’ menyusul insiden tawuran besar untuk kali pertamanya dalam sejarah.

Baku hantam ini terjadi pada menit-menit awal babak perpanjangan waktu. Bermula dari Irfan Jauhari membawa Garuda Muda kembali unggul 3-2, melakukan selebrasi di depan bench Timnas Thailand.

Hal ini sendiri semacam balasan setelah selebrasi provokasi penghuni bench Thailand usia gol penyama pada menit injury time. Ofisial tim Thailand gantian tidak terima dan kemudian mencoba menyerang Irfan. 

Namun situasi bertambah chaos setelah kedua kubu ofisial tim terlibat baku hantam. Manajer tim Indonesia Sumardjio terjerembab karena bogem mentah ofisial Thailand.

Sedangkan bek tengah Indonesia Komang Teguh dan kiper Soponwit Rakyart dikartu merah karena kontak fisik. Padahal, jika dilihat dari rekaman, kiper Thailand yang lebih dahulu berlari menyerang brutal pemain timnas.