Bola Internasional

Gawat! Presiden FIFA Bertitah Insiden Tawuran Final SEA Games Beri Citra Buruk Sepak Bola

Jumat, 19 Mei 2023 14:40 WIB
Penulis: Yudha Riefwan Najib | Editor: Prio Hari Kristanto
© PSSI
Presiden FIFA, Gianni Infantino, bertitah bahwa insiden tawuran final SEA Games 2023 antara Timnas Indonesia vs Thailand coret citra sepak bola. Copyright: © PSSI
Presiden FIFA, Gianni Infantino, bertitah bahwa insiden tawuran final SEA Games 2023 antara Timnas Indonesia vs Thailand coret citra sepak bola.

INDOSPORT.COM - Presiden FIFA, Gianni Infantino, bertitah bahwa insiden tawuran final SEA Games 2023 antara Timnas Indonesia vs Thailand beri citra buruk sepak bola.

Padahal Presiden Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) yakin apabila sepak bola di Asia Tenggara sebenarnya memiliki potensi untuk berkembang.

Namun, laga final SEA Games 2023 antara Timnas Indonesia vs Thailand, di Olympic Stadium, Phnom Penh, Selasa (16/05/23) justru berbeda dengan pernyataan presiden FIFA.

Hal tersebut dikarenakan terdapat keributan di dalam partai puncak SEA Games 2023 yang melibatkan antara kubu Timnas Indonesia dan Thailand.

Keadaan itu diyakini bermula dari wasit Oman, Matar Ali, yang ambigu dalam meniup peluit di pengujung babak kedua.

Pasalnya, para pemain dan ofisial Timnas Indonesia langsung melakukan selebrasi karena berhasil menang, tetapi maksud dari wasit Oman justru peluit lemparan ke dalam untuk Thailand.

Momen itu menyebabkan konsentrasi skuat Garuda buyar. Sehingga, Thailand mampu mencetak gol pada menit-menit akhir, yang lantas membuat pemain dan staf The Elephant Warriors merayakannya di depan bench Timnas Indonesia.

Tidak berhenti disitu, kericuhan antara kedua tim kembali pecah ketika pemain Timnas Indonesia membalas selebrasi yang dilakukan oleh Thailand.

Bahkan, pemain dan official Timnas Indonesia dengan Thailand sempat terlihat baku pukul, yang memaksa wasit Oman mengeluarkan dua kartu merah.

Kejadian tersebut lantas membuat Gianni Infantino selaku Presiden FIFA angkat bicara terkait insiden yang terjadi di final SEA Games 2023 antara Timnas Indonesia vs Thailand.