In-depth

Dari Liga 3 jadi Pahlawan SEA Games dan Timnas Indonesia, Perjalanan Karier Hebat Ramadhan Sananta

Jumat, 19 Mei 2023 00:52 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© PSSI
Semua karier besar dimulai dari sesuatu yang kecil. Begitu pula dengan Ramadhan Sananta, peraih emas sepakbola SEA Games 2023 bersama timnas Indonesia U-22. Copyright: © PSSI
Semua karier besar dimulai dari sesuatu yang kecil. Begitu pula dengan Ramadhan Sananta, peraih emas sepakbola SEA Games 2023 bersama timnas Indonesia U-22.

INDOSPORT.COM - Semua karier besar dimulai dari sesuatu yang kecil. Begitu pula dengan Ramadhan Sananta, peraih emas sepakbola SEA Games 2023 bersama timnas Indonesia U-22.

Sensasi Sananta sebenarnya sudah dimulai sejak ia mampu menjadi bagian dari skuad PSM Makassar yang menjadi juara Liga 1 musim 2022/2023 ini namun aksinya bersama Garuda Muda di Kamboja yang kian meledakkan segalanya.

Gol-golnya dalam balutan jersey merah dan putih dengan mempertaruhkan harga diri bangsa membuat kini namanya semakin dikenal banyak kalangan di negeri ini.

Tua maupun muda, pria hingga wanita, fans sepakbola militan atau yang sekedat ikut-ikutan euforia perjuangan timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023 lalu pun kini tahu siapa Sananta.

Bagaimana tidak? Tanpa kontribusi bomber 20 tahun itu maka mustahil skuad asuhan Indra Sjafri tersebut bisa menjadi yang terbaik pesta olahraga terbesar Asia Tenggara tersebut.

Total lima gol Ramadhan Sananta sumbangkan dari fase grup sampai partai final. Menjadikannya top skor SEA Games 2023 bersama dengan rekan satu timnya sendiri, Fajar Fathurrahman, dan bintang Vietnam yakni Nguyen Van Tun.

Tapi tahukan anda jika pada awalnya ia meniti karier yang bersahaja?. Lahir di Lingga, Riau, pada 27 November 2002, Sananta tidak memulai bermain sepakbola terorganisir dengan akademi tim besar Indonesia.

Ia punya banyak sekolah tempat menimba ilmu olahraga 11 vs 11 di antara lain Kepria Belia FC, Asian Schhol Football, dan PPLP Kepulauan Riau.

Meski demikian bakatnya yang besar tetap bisa tercium sampai ke ranah profesional.

Pada 2021 lalu ia menandatangani kontrak pro pertamanya bersama kesebelasan yang berkompetisi di Liga 3 yakni Harjuna Putra.