Liga Indonesia

Mental Baja, Rizky Ridho Berbagi Cerita di Balik Kericuhan Final SEA Games 2023

Selasa, 23 Mei 2023 18:34 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© Persija Jakarta
Kapten timnas Indonesia U-22, Rizki Ridho. Copyright: © Persija Jakarta
Kapten timnas Indonesia U-22, Rizki Ridho.

INDOSPORT.COM - Kapten timnas Indonesia U-22, Rizky Ridho, bercerita mengenai kondisi tim dalam laga final SEA Games 2023 kontra Thailand. Sejatinya mental para pemain sempat anjlok, bahkan banyak yang menangis di menit-menit akhir.

Diketahui, timnas Indonesia U-22 sukses mengukir sejarah dengan meraih medali emas SEA Games 2023. Prestasi ini sudah ditunggu selama 32 tahun sejak terakhir kali meraihnya pada edisi 1991.

Timnas Indonesia U-22 memang berhak menyabet medali emas. Skuat Garuda Muda menang telak dengan skor 5-2 atas Thailand di Stadion Olimpiade, Phnom Penh, Kamboja.

Di balik kemenangan besar timnas Indonesia, final SEA Games 2023 sesungguhnya berlangsung dramatis dan sarat emosi karena sempat terhenti menyusul insiden pemukulan di awal babak ekstra.

Momen-momen ini pun terekam jelas di benak kapten timnas Indonesia U-22, Rizky Ridho. Bek anyar Persija Jakarta ini mengakui mental rekan-rekannya sempat terganggu di akhir-akhir laga.

Apalagi ketika Thailand berhasil menyamakan kedudukan 2-2 di detik-detik akhir babak kedua. Ridho melihat beberapa rekan setimnya mulai menangis, termasuk Marselino Ferdinan.

Kemenangan mereka hampir saja sirna. Fisik para pemain sudah mulai menurun lantaran tim Gajah Perang memberikan perlawanan yang sengit.

"Saat menit-menit akhir saya sempat down, terus Marsel (Marselino Ferdinan) sempat menangis, dia (Marselino) bilang sudah capek harus bagaimana," ucap Rizky Ridho.

Ridho sendiri mengaku fisiknya sudah mulai terkuras. Apalagi laga akan berakhir sebelum Thailand berhasil memaksakan babak perpanjangan waktu.