Liga Indonesia

Regulasi 6 Pemain Asing Liga 1, Pelatih Persis Beri Tugas Ganda untuk Messidoro dkk

Rabu, 24 Mei 2023 14:20 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Bek Persija Jakarta, Maman Abdurrahman mencoba menghentikan pergerakan gelandang Persis Solo, Alexis Nahuel Messidoro pada laga Liga 1 di Stadion Patriot Candrabhaga, Minggu (31/07/22). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Bek Persija Jakarta, Maman Abdurrahman mencoba menghentikan pergerakan gelandang Persis Solo, Alexis Nahuel Messidoro pada laga Liga 1 di Stadion Patriot Candrabhaga, Minggu (31/07/22).

INDOSPORT.COM - Alexis Messidoro dan para pemain asing Persis Solo akan diberi tugas ganda pada Liga 1 2023-2024. Selain meningkatkan level permainan tim, pemain asing diharapkan bisa mendongkrak performa pemain lokal.

Ada pro dan kontra terkait regulasi enam pemain asing. Penambahan kuota itu diyakini akan mengurangi menit bermain para pemain lokal, khususnya pemain muda.

Ketika pemain muda jarang bermain, yang terkena imbas paling besar adalah tim nasional kelompok usia. Untuk bisa bermain di level internasional, pemain muda butuh jam terbang di kompetisi.

Namun, di sisi lain, penambahan kuota ini akan meningkatkan level kompetisi. Semakin banyak lagi talenta asing yang akan memberi warna pada kompetisi Liga 1.

Terkait situasi tersebut, pelatih Persis Solo, Leonardo Medina, mencoba untuk mengambil jalur tengah. Ia menyadari ada keuntungan dan kerugian di setiap kebijakan.

"Ini merupakan keuntungan dalam beberapa hal dan kerugian dalam alasan lain. Keuntungannya karena level liga akan meningkat, tetapi jumlah pemain lokal akan berkurang," ucap Leo Medina.

Maka, Leo Medina memberi tugas ganda pada para pemain asing. Alexis Messidoro, Fernando Rodriguez dan Jaimerson Xavier diharapkan turut membantu pemain lokal untuk lebih berkembang.

Pada musim 2023-2024, Persis Solo akan melanjutkan misi untuk mempromosikan pemain dari tim youth. Ada beberapa nama yang diharapkan bisa berkembang di tim senior.

Hugo Samir, Arkhan Kaka, Althaf Indie hingga Marcell Januar menjadi sasaran transfer ilmu pemain asing agar bakatnya bisa berada di jalur yang benar.

"Ini adalah cara berpikir kami, kami harus bekerja sama dengan orang asing untuk membantu pemain lokal untuk berkembang, karena pada akhirnya liga akan menjadi kuat jika pemain lokalnya bagus," tutur Leo Medina.