Liga Indonesia

Kualifikasi Piala Asia U-23: Suporter Timnas Indonesia Harus Bikin Lawan Ciut!

Jumat, 26 Mei 2023 13:51 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ketum PSSI Erick Thohir didampingi Waketum Zainudin Amali dan Exco Arya Sinulingga saat jumpa pers pengumuman Argentina resmi jadi lawan Timnas Indonesia pada FIFA Matchday, Juni mendatang Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ketum PSSI Erick Thohir didampingi Waketum Zainudin Amali dan Exco Arya Sinulingga saat jumpa pers pengumuman Argentina resmi jadi lawan Timnas Indonesia pada FIFA Matchday, Juni mendatang

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, optimistis timnas U-23 meraih hasil terbaik di Kualifikasi Piala Asia U-23 pada 4-12 September mendatang. Indonesia bertindak sebagai tuan rumah, jadi kesempatan emas itu harus dimanfaatkan.

Berdasarkan hasil undian Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (25/5/23), Indonesia akan bersua Taiwan dan Turkmenistan.

Menurut Erick Thohir, Grup K seharusnya bisa dilewati timnas U-23. Mereka sedang dalam top performa usai membawa pulang medali emas SEA Games 2023, apalagi kekuatan tim kelompok umur di Asia relatif merata.

"Hasil undian grup berisi tiga negara bersama Turkmenistan dan Taiwan. Karena peta persaingan sepak bola di Asia saat ini berimbang, terutama di kelompok umur, siapa pun lawan persiapan kami harus maksimal," ujar Erick Thohir.

"Saya optimistis atmosfer sepak bola Indonesia yang sedang baik usai meraih emas SEA Games akan memberikan energi positif untuk meraih hasil terbaik, sehingga bisa lolos ke putaran final," imbuhnya.

Tampil sebagai tuan rumah, Erick Thohir meminta suporter untuk datang langsung ke stadion dan mendukung timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23. Suporter harus 'meneror' Turkmenistan dan Taiwan agar mental lawan menciut.

"Jika di Piala Asia U-23 sebelumnya, kami tidak lolos, maka cukup realistis jika kali ini targetnya meraih tiket ke putaran final," katanya.

"Status tuan rumah harus benar-benar dimanfaatkan. Saya berharap para penggemar akan membanjiri stadion dan memberikan dukungan maksimal saat timnas main di kandang," lanjut Erick Thohir.

Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 akan diikuti 43 tim dan memperebutkan 16 tempat di putaran final. Qatar sebagai tuan rumah sudah dipastikan lolos, meski juga akan tampil di babak kualifikasi.

Nantinya, 11 tim yang jadi juara grup akan lolos otomatis, sedangkan sisanya diperebutkan oleh empat tim dengan status runner-up terbaik.