Liga Indonesia

Jadwal Liga 1 Sudah Tersusun Rapi, Libur Saat Piala Asia 2023 dan Pemilu

Sabtu, 27 Mei 2023 18:44 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Direktur Utama PT LIB yang baru, Ferry Paulus. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Direktur Utama PT LIB yang baru, Ferry Paulus.

INDOSPORT.COM - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Ferry Paulus, memastikan jadwal Liga 1 Indonesia 2023-2024 sudah tersusun rapi. Kompetisi kasta elite kick-off pada 1 Juli mendatang dan beres pada Mei 2024.

Liga 1 musim baru akan kick-off tepat waktu karena proses perizinan sudah dilakukan, baik oleh PSSI maupun PT LIB. Kepolisian juga sudah memberikan jawaban akan mendukung dan menyiapkan skema pengamanan baru.

Saat ini, PT LIB dan PSSI sedang melakukan verifikasi stadion yang layak pakai. Butuh waktu dua sampai tiga minggu untuk menuntaskan semuanya.

"Kick-off sudah pasti tanggal 1 karena itu terkait perizinan dan semua sudah on the track. Proses perizinan ini diawali dengan verifikasi dan sinkronisasi ulang stadion," kata Ferry Paulus, Sabtu (27/5/23). 

"Beberapa persyaratan yang menjadi catatan, ada kaitannya dengan keamanan, juga dalam proses diperbaiki. Kemudian detail jadwal akan keluar karena memang komitmen dari pihak kepolisian sama dengan kami. Mungkin 2-3 minggu sebelum kick-off sudah beres," imbuhnya.

Dikatakan Ferry Paulus, PT LIB telah memberikan kisi-kisi kepada klub sebagai bahan pertimbangan untuk perhitungan bujet sekaligus kepastian terhadap sponsor dan lain-lain.

Terkait jadwal, Ferry memastikan Liga 1 akan diliburkan saat FIFA matchday. Khusus Piala Asia 2023 diliburkan mulai 20 Desember hingga turnamen selesai. 

Tujuannya agar memberikan waktu bagi pelatih timnas Indonesia memanggil pemain terbaik. Liga 1 juga akan diliburkan selama tiga hari saat Pemilu pada 14 Februari 2024.

"Paling penting, kepastian terhadap jadwal itu ada bagian-bagian yang harus betul-betul diliburkan, seperti FIFA matchday, kualifikasi, dan agenda timnas yang harus kami ikuti," tutur Ferry Paulus.

"Terus yang agak unik, terkait supporting liga terhadap timnas Indonesia menuju Piala Asia. Mungkin sudah libur mulai 20 Desember, dan baru jalan lagi begitu turnamen kelar," imbuh pria asal Manado itu.