In-depth

Juara Liga Jerman Tak Ubah 'Tradisi', 4 Bintang Dortmund yang Musim Depan Siap Pergi

Sabtu, 27 Mei 2023 17:03 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© REUTERS-Thilo Schmuelgen
Borussia Dortmund punya kans untuk menjadi juara Liga Jerman (Bundesliga) lagi untuk kali pertama dalam satu dekade terakhir pada malam ini, Sabtu (27/05/23). REUTERS-Thilo Schmuelgen Copyright: © REUTERS-Thilo Schmuelgen
Borussia Dortmund punya kans untuk menjadi juara Liga Jerman (Bundesliga) lagi untuk kali pertama dalam satu dekade terakhir pada malam ini, Sabtu (27/05/23). REUTERS-Thilo Schmuelgen

INDOSPORT.COM - Borussia Dortmund punya kans untuk menjadi juara Liga Jerman (Bundesliga) lagi untuk kali pertama dalam satu dekade terakhir pada malam ini, Sabtu (27/05/23).

Jude Bellingham dan kolega akan menghadapi tim papan tengah Mainz 05 di kandang mereka sendiri yakni Signal Iduna Park yang semakin menambah peluang mereka untuk menang.

Tiga poin adalah satu-satunya cara bagi Dortmund untuk mengunci status sebagai Deutsche Meister 2022/2023 mengingat Bayern Munchen di posisi kedua hanya berjarak dua angka saja.

Die Roten memiliki keunggulan jauh dalam hal selisih gol sehingga jika di pekan pamungkas ini kedua tim memiliki kesamaan dalam jumlah poin, maka Die Borussen akan batal menjadi juara.

Mengingat Dortmund belum pernah lagi menjadi kampiun Liga Jerman sejak 2011/2012 silam, maka titel ini akan membayar kerja keras mereka untuk menyaingi Bayern selama ini.

Terlalu dominannya sang rival dari Bavaria dalam sepuluh tahun ke belakang membuat Dortmund seolah menjadi tim yang tak berdaya. Padahal skuad mereka selalu dibanjiri banyak pemain berkualitas namun minimnya trofi yang bisa diraih membuat mereka satu per satu memilih untuk pergi.

Akhirnya The Black Yellow pun dikenal sebagai klub 'sapi perah'. Hanya dijadikan batu loncatan bagi bintang muda untuk mendapatkan pengalaman sebelum menerima tawaran untuk bermain di kesebelasan yang lebih mapan.

Tradisi tersebut sudah terulang dari musim ke musim. Bisa dilihat bagaimana nama-nama seperti Mario Gotze, Robert Lewandowski, Shinji Kagawa, Henrikh Mkhitaryan, Nuri Sahin, Ilkay Gundogan, Jadon Sancho, Erling Haaland angkat kaki silih berganti.

Sayangnya meski misalnya Borussia Dortmund menjadi juara musim ini sekalipun mereka tetap akan sulit menahan para pemain kuncinya untuk pindah. Memang untuk saat ini mereka belum menjadi klub dengan kebijakan yang lebih tegas soal transfer.

Berikut ini adalah sejumlah nama yang kemungkinan besar akan pergi dari Signal Iduna Park begitu bursa transfer musim panas 2023 dibuka.