In-depth

Fakta-Fakta Unik Luton Town Tim Promosi Liga Inggris, Masuk ke Stadion Bisa Lihat Jemuran

Senin, 29 Mei 2023 13:02 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© REUTERS/Lee Smith
Suasana jalan masuk menuju Stadion Luton Town yang bisa lihat pekarangan rumah warga. Foto: REUTERS/Lee Smith. Copyright: © REUTERS/Lee Smith
Suasana jalan masuk menuju Stadion Luton Town yang bisa lihat pekarangan rumah warga. Foto: REUTERS/Lee Smith.

INDOSPORT.COM - Luton Town, tim yang baru saja menyegel tiket promosi ke Premier League Liga Inggris 2023-2024, memiliki sejumlah fakta menarik yang layak dibahas.

Luton Town memastikan satu tempat di kasta tertinggi Liga Inggris musim depan usai mengalahkan Conventry City di pertandingan playoff Divisi Championship, Sabtu (27/05/23).

Berkat kemenangan tersebut, mereka sah menyusul Burnley dan Sheffield United yang sudah terlebih dahulu mendapat promosi.

Keberhasilan ini pun disambut baik oleh para suporter yang tentunya sudah lama mengidam-idamkan tim mereka bermain di level tertinggi.

Apalagi, Luton Town bisa dibilang belum memainkan liga papan atas yang kompetitif bahkan setelah kompetisi berganti nama jadi Premier League pada 1992.

Mereka lebih sering berkutat di level League One dan League Two, bahkan National League, sebelum menginjakkan kaki di Divisi Championship pada 2019-2020.

Nah, berikut fakta-fakta menarik Luton Town yang sayang jika dilewatkan. Tim ini punya banyak hal unik yang akan membuat kompetisi Liga Inggris 2023-2024 makin berwarna.

Asal-usul

Awalnya bernama Luton Wanderers yang kemudian berganti menjadi Luton Town pada 1885, setelah terjadi pertemuan rahasia antara para anggota komite.

Akan tetapi, sejumlah pihak yang tidak setuju dengan aksi ‘rahasia’ tersebut menggelar rapat terbuka yang juga dihadiri para penggemar sepak bola.

Besikukuh tidak boleh ada dua klub yang menggunakan kata ‘town’, akhirnya suara mayoritas memilih membubarkan Luton Town yang dibentuk melalui pertemuan rahasia.