In-depth

Jalan Terjal PSSI Wujudkan VAR di Liga 1

Senin, 29 Mei 2023 17:10 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Penggunaan Video Assistant Referee (VAR) memang terus dikejar oleh PSSI dan PT Liga Indonesia (PT LIB) agar bisa diterapkan di kancah Liga Indonesia. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT) Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Penggunaan Video Assistant Referee (VAR) memang terus dikejar oleh PSSI dan PT Liga Indonesia (PT LIB) agar bisa diterapkan di kancah Liga Indonesia. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Penggunaan Video Assistant Referee (VAR) memang terus dikejar oleh PSSI dan PT Liga Indonesia (PT LIB) agar bisa diterapkan di kancah Liga Indonesia. PSSI pun memang sudah mulai melakukan serangkaian langkah agar penggunaan VAR bisa terwujud di Liga 1 musim ini.

Penggunaan VAR di kancah Liga 1 memang terus diharapkan bisa terlaksana. Wacana penerapan VAR di ajang Liga 1 memang bukan baru kali ini digaungkan.

Sejatinya penggunaan VAR sudah digaungkan sejak kepengurusan PSSI terdahulu. Namun memang hingga saat ini belum juga terwujud penggunaan VAR di ajang Liga Indonesia.

Kini PSSI di era kepemimpinan Erick Thohir pun kembali menggaungkan penerapan VAR di ajang Liga 1. Memang berbagai langkah telah dilakukan agar VAR sudah bisa digunakan di ajang Liga 1 musim ini.

Namun ternyata memang penerapan VAR di Liga 1 bukanlah perkara mudah. Banyak hal yang harus disiapkan agar penerapan VAR di Liga 1 bisa terwujud.

Diutarakan oleh anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga, bahwa memang penerapan VAR sangatlah rumit di mana hal ini tidak semudah seperti apa yang diomongkan.

“Perihal VAR kemarin kita memang sudah rapat. Ternyata perangkatnya memang rumit. Tidak seperti segampang yang diomongkan,” ucap Arya.

“Jadi ada kesiapan teknis yang harus disiapkan dan wasit juga harus dilatih,” tambah Arya.