Liga Indonesia

Erick Thohir Ungkap 1 Sosok Penting di Balik Naturalisasi Ivar Jenner dan Rafael Struick

Rabu, 24 Mei 2023 20:40 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© PSSI
Ketua umum PSSI, Erick Thohir, mengatakan ada satu sosok yang berperan besar di balik naturalisasi Ivar Jenner dan Rafael Struick. Copyright: © PSSI
Ketua umum PSSI, Erick Thohir, mengatakan ada satu sosok yang berperan besar di balik naturalisasi Ivar Jenner dan Rafael Struick.

INDOSPORT.COM - Ketua umum PSSI, Erick Thohir, mengatakan ada satu sosok yang berperan besar di balik naturalisasi Ivar Jenner dan Rafael Struick. Sosok penting itu adalah Waketum PSSI, Zainudin Amali. 

Bukan tanpa alasan Erick Thohir memberikan pernyataan itu. Pasalnya proses naturalisasi dua pemain keturunan Indonesia-Belanda itu dilakukan berkat ada rekomendasi Zainudin Amali saat masih menjabat sebagai Menpora. 

"Alhamdulillah, hari ini kita terus memperkuat tim nasional muda kita. Kemarin di SEA Games kita bisa meraih juara di mana mayoritas pemain itu usia 20-22. Ini terima kasih juga kepada bapak Zainudin Amali yang investasi waktu jadi Menpora," kata Erick Thohir. 

Naturalisasi Ivar dan Rafael awalnya disiapkan untuk Piala Dunia U-20 2023, yang kemudian batal. Setelahnya, kedua pemain itu disiapkan atau investasi masa depan Timnas Indonesia.

Keduanya bisa disiapkan untuk tampil di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 hingga Piala Asia 2023 pada Januari tahun depan. 

Mimpi besar Timnas Indonesia adalah tampil di Piala Dunia senior di 2026 ataupun berikutnya sehingga naturalisasi pemain grade A pun dilakukan PSSI. Hal itu tak lepas dari benua Asia yang dapatkan delapan slot setelah jumlah peserta Piala Dunia jadi 48 negara. 

"Tentu tidak cukup di situ karena kita juga punya mimpi lebih besar, banyak kejuaraan tahun ini, salah satunya sesuai komitmen Bapak Presiden kita akan membentuk core pembangunan timnas berdasarkan pemain muda untuk melihat kualifikasi Piala Dunia ke depan," jelas Ketum PSSI.