Liga Inggris

Liga Paling Mahal! Hadiah Uang Liga Inggris: Man City Makin Kaya, Chelsea-Liverpool Boncos

Selasa, 30 Mei 2023 10:02 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
© REUTERS/Lee Smith
Dari 20 tim di Liga Inggris (Premier League) 2022-2023, Manchester City mendapatkan hadiah uang terbanyak sedangkan Chelsea dan Liverpool mengalami kerugian. (Foto: REUTERS/Lee Smith) Copyright: © REUTERS/Lee Smith
Dari 20 tim di Liga Inggris (Premier League) 2022-2023, Manchester City mendapatkan hadiah uang terbanyak sedangkan Chelsea dan Liverpool mengalami kerugian. (Foto: REUTERS/Lee Smith)

INDOSPORT.COM - Dari 20 tim papan atas yang bersaing di Liga Inggris (Premier League) 2022-2023, Manchester City mendapatkan hadiah uang terbanyak sedangkan Chelsea dan Liverpool justru mengalami kerugian.

Mirror UK merilis rincian hadiah uang yang diterima masing-masing klub yang bersaing di Liga Inggris 2022-2023. Setidaknya masing-masing menerima lebih dari 120 juta pounds, sebab Premier League adalah liga paling mahal di dunia saat ini. 

Manchester City yang dinobatkan sebagai juara Liga Inggris kelima dalam enam musim terakhir meraup hadiah lebih sebesar 170 juta pounds atau setara dengan Rp3,1 triliun.

Skuad besutan Pep Guardiola tersebut juga berpotensi menjadi klub Liga Inggris kedua yang melengkapi gelar treble musim ini, setelah sebelumnya rival sekota mereka Manchester United.

Jika gelar treble ini berhasil diraih, The Citizens diperkirakan akan memanen hadiah uang total mencapai 270 juta pounds atau setara Rp4,9 triliun.

Mengalahkan Man United di final Piala FA di Wembley Stadium pada Sabtu (03/06/23) akan memberi tambahan hadiah uang sebesar 4 juta pounds (Rp74 miliar).

Dan jika mampu memenangkan Liga Champions 2022-2023 saat menghadapi Inter Milan pada 11 Juni mendatang, akan ada tambahan hadiah 95 juta pounds (Rp1,7 triliun).

Kontras dengan Man City, Chelsea dan Liverpool justru mengalami kerugian setelah kedua tim ini gagal lolos ke Liga Champions musim depan.

Chelsea yang harus finis di peringkat 12 pada klasemen akhir Liga Inggris hanya mampu meraup hadiah uang dari kompetisi ini sebesar 145,8 juta pounds atau Rp2,6 triliun.

Hadiah uang tersebut tentunya tidak sebanding dengan anggaran belanja yang sudah dikucurkan pemilk baru klub, Todd Boehly, pada musim pertamanya.