In-depth

Profil FC Sudtirol: ‘Klub Jerman’ yang Hampir Promosi ke Serie A Liga Italia

Selasa, 30 Mei 2023 18:41 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Kompetisi kasta teratas Liga Italia atau Serie A hampir kedatangan tim promosi baru yang memiliki nuansa Jerman, yakni FC Sudtirol. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Kompetisi kasta teratas Liga Italia atau Serie A hampir kedatangan tim promosi baru yang memiliki nuansa Jerman, yakni FC Sudtirol.

INDOSPORT.COM – Kompetisi kasta teratas Liga Italia atau Serie A hampir kedatangan tim promosi baru yang memiliki nuansa Jerman, yakni FC Sudtirol.

Tim yang berbasis di kota Bolzano ini hampir mencetak sejarah dengan promosi ke kasta teratas usai menembus semifinal Playoff Serie B 2022/23 atau kasta kedua Italia.

Di babak semifinal Playoff ini, FC Sudtirol berhadapan dengan tim legendaris, Bari, dan telah melakoni leg pertama, Selasa (30/05/23) dini hari WIB.

Di semifinal Playoff leg pertama ini, FC Sudtirol mampu meraih kemenangan 1-0 berkat gol dramatis yang dicetak oleh Matteo Rover di menit ke-90+2.

Dengan keunggulan 1-0 di leg pertama ini, tim berjuluk Il Tirolesi ini hanya perlu hasil imbang di leg kedua untuk lolos ke final Playoff Serie B 2022/23.

Jika berhasil lolos ke final, FC Sudtirol pun akan berhadapan pemenang antara Parma dan Cagliari yang juga melakoni semifinal Playoff Serie B 2022/23.

Jika dihitung per laganya, maka FC Sudtirol hanya butuh dua pertandingan lagi untuk mencetak sejarah promosi pertama kalinya ke Serie A atau kasta teratas Liga Italia.

Tak ayal, perjalanan FC Sudtirol ini menarik banyak atensi dari penikmat sepak bola Italia. Apalagi klub ini tak punya rekam jejak mentereng dibanding kompetitornya di semifinal Playoff Serie B.

Sebagai informasi, kompetitornya di semifinal Playoff Serie B, yakni Bari, Parma, dan Cagliari merupakan tim yang pernah berkiprah di Serie A.

Di sisi lain, FC Sudtirol bisa menarik atensi karena sejarahnya yang ternyata berlatar belakang Jerman ketimbang Italia, negara tempat tim ini berasal. Seperti apa profil Il Tirolesi ini?