In-depth

Daftar Pelatih Paling Awet di Liga 1, Siapa yang Berpotensi Dipecat Duluan?

Rabu, 31 Mei 2023 15:18 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Kompetisi teratas sepak bola Indonesia, Liga 1, akan memasuki musim baru. Beberapa tim nyatanya tak gagap untuk melakukan perombakan di kursi kepelatihan. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Kompetisi teratas sepak bola Indonesia, Liga 1, akan memasuki musim baru. Beberapa tim nyatanya tak gagap untuk melakukan perombakan di kursi kepelatihan.

INDOSPORT.COM – Kompetisi teratas sepak bola Indonesia, Liga 1, akan memasuki musim baru. Beberapa tim nyatanya tak gagap untuk melakukan perombakan di kursi kepelatihan.

Jelang bergulirnya musim depan, 18 peserta Liga 1 atau Liga Indonesia telah melakukan banyak perombakan, utamanya di tubuh skuadnya.

Perombakan ini dilakukan di tengah jeda bursa transfer dengan mendatangkan pemain baru ataupun mendepak pemain lama yang dianggap Underperformed.

Apalagi dengan adanya aturan baru terkait kuota pemain asing 5+1, di mana PSSI mewajibkan setiap tim mendatangkan pemain dari kawasan Asia Tenggara atau ASEAN.

Adanya aturan baru ini membuat seluruh kontestan kasta teratas sepak bola Indonesia ini pun gencar mendatangkan pemain asing baru.

Tak hanya melakukan perombakan dengan mendatangkan pemain baru, beberapa tim Liga 1 juga mendatangkan pelatih baru untuk musim depan.

Sejauh ini sudah ada lima tim menunjuk pelatih baru. Lalu ada sejumlah tim yang mempertahankan pelatih Caretaker atau pelatih yang didatangkan tengah musim lalu.

Di Liga 1 2023-2024 mendatang, tercatat hanya ada empat tim yang masih mempertahankan pelatihnya sejak awal musim lalu dan tak gagap mengikuti jejak tim lainnya dengan mengganti pelatih.

Berkaca pada Liga 1 2022-2023 lalu yang memecat total 15 pelatih, bisa dikatakan posisi empat pelatih di empat tim ini tak sepenuhnya aman.

Lalu, bagaimana dengan peluang empat pelatih di empat tim tersebut yang punya potensi dipecat? Siapa yang akan lebih dulu angkat kaki dari Liga 1 2023-2024?