In-depth

Profil Christian Rontini, Bek Persita Keturunan Italia dan Pernah Main di Serie D

Rabu, 31 Mei 2023 17:05 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Media Persita Tangerang
Bek anyar Persita Tangerang, Christian Rontini. Copyright: © Media Persita Tangerang
Bek anyar Persita Tangerang, Christian Rontini.

INDOSPORT.COM - Persita Tangerang memboyong bek asing timnas Filipina, Christian Rontini, untuk melengkapi kuota pemain Asia Tenggara di Liga 1 Indonesia 2023-2024. 

Meski berpaspor negara tetangga sesama ASEAN, bek berusia 23 tahun itu rupanya pernah meniti karier di Liga Italia. Rontini didatangkan dengan status bebas transfer karena dinilai cocok dan sesuai kebutuhan tim.

Pemain kelahiran 20 Juli 1999 itu sudah punya pengalaman bermain di Asia Tenggara. Hal itu akan memudahkan adaptasinya bersama Persita.

“Kami menilai dan melihat bahwa gaya bermain Rontini sangat cocok dengan skema yang kami miliki musim depan,” ungkap manajer Persita Tangerang, I Nyoman Suryanthara. 

“Selain itu, Rontini juga pernah bermain di kompetisi Asia Tenggara, tepatnya Malaysia, sehingga akan memudahkannya beradaptasi di sini," imbuhnya.

Rontini lahir di Bagno a Ripoli, sebuah kota wilayah Florence. Ayahnya adalah orang Italia asli, sedangkan ibunya berasal dari Filipina.

Ia mengawali karier profesional di Serie D Italia bersama Sangiovannese pada 2018. Total Rontini memainkan 37 laga dalam tiga musim dan mencetak tiga gol dan satu assist. 

Ia juga sempat masuk ke dalam program pengembangan pemain muda Filipina yakni ADT (Azkals Development Team) yang tampil di Liga Profesional Filipina (PFL) pada 2020 dan 2021.

Setelahnya, pada 2022 Rontini bergabung klub Liga Super Malaysia, Penang FC. Dia memainkan 19 pertandingan dan membuat satu assist.

Pada pertengahan musim Liga Super Malaysia, bek 1,86 meter lantas menyebrang ke sesama klub Malaysia, Kelantan FC. Rontini diturunkan sebanyak lima kali.