In-depth

Rekor Impresif Sevilla di Final Liga Europa, Bisakah Dipatahkan Mourinho dan AS Roma?

Rabu, 31 Mei 2023 14:35 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Melihat rekor impresif Sevilla di final Liga Europa jelang duelnya melawan AS Roma besutan sang raja trofi Eropa, yakni Jose Mourinho. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Melihat rekor impresif Sevilla di final Liga Europa jelang duelnya melawan AS Roma besutan sang raja trofi Eropa, yakni Jose Mourinho.

INDOSPORT.COM – Melihat rekor impresif Sevilla di final Liga Europa jelang duelnya melawan AS Roma besutan sang raja trofi Eropa, yakni Jose Mourinho.

Sevilla dan AS Roma akan saling berhadapan untuk memperebutkan trofi Liga Europa edisi ke-13 sejak kompetisi ini menggunakan format baru.

Keduanya tim tersebut mampu melangkah ke final dengan cara dramatis dan melewati jalan berbeda untuk mencapai babak tersebut.

Sevilla mampu menembus final setelah sempat terhempas dari fase grup Liga Champions dengan finis di peringkat ketiga.

Tim berjuluk Los Palanganas ini kemudian melangkah ke final melalui babak Playoff 16 besar dan menaklukkan tim-tim seperti PSV Eindhoven, Fenerbahce, Manchester United, dan Juventus.

Hampir sama dengan Sevilla, AS Roma juga melangkah ke final Liga Europa 2022/23 usai menaklukkan lawan-lawannya dari Playoff babak 16 besar RB Salzburg, Real Sociedad, Feyenoord, dan Bayer Leverkusen.

Namun tim berjuluk Il Giallorossi ini harus melewati Playoff usai finis di peringkat kedua grup Liga Europa 2022/23 di belakang Real Betis.

Jelang duel di final ini, kedua tim punya catatan apik. Sevilla dikenal sebagai raja kompetisi ini. sedangkan AS Roma merupakan juara bertahan UEFA Conference League 2021/22.

Sematan ‘Raja’ yang dimiliki Sevilla tak lepas dari statusnya sebagai peraih gelar terbanyak Liga Europa sepanjang sejarah dan juga rekor impresifnya di final ajang ini.

Tapi, Sevilla juga akan berhadapan dengan ‘Raja’ lainnya pada sosok Jose Mourinho di AS Roma yang punya status tak kalah mentereng di final kompetisi Eropa. bagaimana rekor keduanya di final?