Liga Indonesia

Sudah Terbukti, Kualitas Liga 1 Bisa Meningkat Seperti China Berkat Pemain Asing?

Rabu, 31 Mei 2023 15:55 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
© MO Persik Kediri
Pelatih Persik Kediri asal Brasil, Marcelo Rospide. Copyright: © MO Persik Kediri
Pelatih Persik Kediri asal Brasil, Marcelo Rospide.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persik Kediri, Marcelo Rospide, optimistis Liga 1 Indonesia 2023-2024 akan sangat kompetitif dan berjalan menarik sejak awal hingga akhir.

Salah satu acuannya yaitu perubahan regulasi untuk kuota pemain asing. Sebelumnya, Liga 1 konsisten menerapkan format tiga bebas federasi dan satu Asia.

Sedangkan musim ini, kuota bertambah menjadi enam. Formasinya adalah lima pemain asing bebas federasi plus 1 pemain asing khusus dari Asia Tenggara atau ASEAN.

Bagi Marcelo Rospide, bertambahnya kuota pemain asing mesti memberi efek positif. Dia optimistis regulasi ini bisa meningkatkan kualitas sepak bola Indonesia.

"Bukan berarti (pemain lokal) di Indonesia kurang bagus. Tapi semua ini tentang peningkatan kualitas (kompetisi)," beber pelatih berpaspor Brasil tersebut.

Tim berjulukan Macan Putih itu pun sudah memenuhi regulasi pemain asing secara maksimal, dengan berkekuatan enam nama pada musim ini. Empat di antara dipertahankan dari Liga 1 2022-2023.

Mereka antara lain dua pemain berkebangsaan Brasil, yakni Renan Da Silva dan Anderson Nascimento, Rohit Chand (Nepal), serta Flavio Silva (Portugal).

Sementara dua pemain yang melengkapi formasi 5+1 Persik Kediri adalah Pedro Paulo Alves (Brasil) dan Simen Lyngbo (Filipina) sebagai pemain dari ASEAN. 

"Tentu bukan halangan bagi saya dalam berkomunikasi dengan keberadaan para pemain dari Brasil. Mereka pemain yang bagus," cetus Marcelo Rospide.