In-depth

Profil Simen Lyngbo: Matang di Norwegia, Kini Dipinang Persik Kediri

Sabtu, 27 Mei 2023 19:52 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
© MO Persik Kediri
Simen Lyngbo, bek kanan asal Filipina gabung Persik Kediri. Copyright: © MO Persik Kediri
Simen Lyngbo, bek kanan asal Filipina gabung Persik Kediri.

INDOSPORT.COM - Simen Alexander Santos Lyngbo yang notabene pemain asing terbaru Persik Kediri mungkin tidak menyangka perjalanan kariernya bakal unik seperti sekarang.

Bek berusia 25 tahun itu merupakan salah satu tulang punggung timnas Filipina. Dia tercatat sebagai starter saat menghadapi Indonesia di Piala AFF 2022.

Setelah laga yang dimenangi timnas Indonesia dengan skor 2-1 itu, Simen Lyngbo menyimpan ambisi untuk berkarier di Liga Indonesia. Dia terkesan melihat militansi suporter Tanah Air.

Seperti takdir, gayung pun bersambut. Dia bahkan tidak berpikir dua kali untuk menerima tawaran Persik Kediri yang memproyeksikan namanya sebagai pengisi slot pemain asing ASEAN.

Lantas, bagaimana perjalanan singkat pemain bertahan yang matang di kompetisi Norwegia hingga mampu juara di Filipina, dan berlabuh ke Kediri?

Matang Di Norwegia

Simen Lyngbo memang lahir dan besar di Norwegia. Dia mematangkan bakat sepak bolanya di beberapa klub kasta ketiga dan kedua di Norwegia dalam kurun waktu sedekade 

Lyngbo memulai karier profesionalnya sejak promosi di tim senior Baerum SK pada musim 2016. Sejak remaja, dia tergabung di tim muda Stabaek dan Baerum SK.

Soccerway mencatat statistiknya saat berlaga di Liga 2 Norwegia periode 2018-2019. Menit bermain Simen Lyngbo lumayan banyak, total 25 laga selama dua musim.

Dia lantas masuk ke dalam proyeksi timnas Filipina sejak 2020. Dia kala itu berseragam Azkals Development Team, yang berisi para pemain timnas U-23 di Philipina Football League (PFL).

Namun, dia sempat pulang ke Norwegia memperkuat klub Liga 3, IF Ready pada 2021. Lyngbo lantas kembali ke PFL memperkuat United City FC dan sekarang ke Persik Kediri.