Liga Indonesia

Dilatih Eks Barcelona dan Real Madrid, 2 Pemain Timnas U-16 Ungkap Abidal Sosok yang Agamis

Kamis, 1 Juni 2023 22:51 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Juni Adi
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-16 vs Myanmar U-16 di semifinal Piala AFF U-16, Rabu (10/08/22). Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-16 vs Myanmar U-16 di semifinal Piala AFF U-16, Rabu (10/08/22).

INDOSPORT.COM - Dua pemain Timnas Indonesia U-16, Arkhan Kaka dan Ji Da-bin mengaku sangat beruntung dilatih mantan pemain Barcelona, Eric Abidal dan eks Real Madrid, Roberto Carlos. Itu terjadi saat keduanya ikut program Future Garuda di Jakarta.

Arkhan Kaka mengatakan banyak dapat tips dan ilmu sepak bola soal taktik dan strategi dari Eric Abidal. Hal itu jadi bekal untuk pemain muda Persis Solo itu di masa mendatang.

"Rasanya senang sih pastinya, bangga juga. Banyak ilmu belajar, kita semua pemain pasti merasakan hal yang sama. Pasti ke depannya ini jadi modal kita untuk lebih baik," tutur pemain Persis Solo itu.

Kendati keduanya punya sedikit perbedaan dalam posisi bermain, itu bukan masalah besar. Arkan yang tampil sebagai striker diberikan trik untuk bisa melewati pemain lawan oleh Abidal yang notabene gelandang bertahan.

Selain itu, Abidal dan empat legenda sepak bola lainnya yakni Roberto Carlos, Juan Sebastian Veron, Marco Matterazzi dan Giorgos Karagounis mengajarkan dasar-dasar sepak bola, terutama soal pengambilan keputusan.

"Ada sih (cara lewatin bek), tadi dapat tips-tips untuk kembangkan lagi, lebih banyak ilmu lah di sini bagus buat saya belajar ke depannya," ujar Arkhan.

"Banyak sih ilmu-ilmunya, karena saya juga kan masih belajar ya. Banyak ilmu yang saya cari dan mereka berikan tips untuk melewati pemain, shooting, dan cara bergerak penempatan posisi," imbuhnya.

Bagi Arkhan Kaka, sosok Abidal adalah orang yang punya kepribadian yang patut dicontoh. Gelandang asal Prancis itu sangat taat beribadah.

"Pas Abidal, karena beliau membuat pemain jadi termotivasi, kerja keras dan attitude-nya bagus. Agamanya juga kuat," jelasnya.