Bola Internasional

Akui Timnas Indonesia Paling Lemah di Piala Asia, Ini Strategi Shin Tae-yong Tembus 16 Besar

Sabtu, 27 Mei 2023 14:47 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/Indosport
Juru taktik asal Korea Selatan, Shin Tae-yong, bongkar strategi timnas Indonesia tembus 16 besar Piala Asia 2023 meski dianggap sebagai tim paling lemah. Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport
Juru taktik asal Korea Selatan, Shin Tae-yong, bongkar strategi timnas Indonesia tembus 16 besar Piala Asia 2023 meski dianggap sebagai tim paling lemah.

INDOSPORT.COM – Juru taktik asal Korea Selatan, Shin Tae-yong, membongkar strategi timnas Indonesia untuk menembus 16 besar Piala Asia 2023 meski dianggap sebagai tim paling lemah.

Diketahui, timnas Indonesia akan tampil di Piala Asia 2023 yang dihelat di Qatar, Uni Emirat Arab dimulai pada Januari 2024.

Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong sendiri tergabung di Grup D bersama dengan raksasa sepak bola Asia, Jepang, Irak dan Vietnam.

Di atas kertas, Skuat Garuda bisa dibilang tim terlemah di Grup D. Dari segi ranking, Jepang, Irak dan Vietnam jauh di atas Indonesia.

Sadar timnas Indonesia terbilang paling lemah di Piala Asia, Shin Tae-yong membocorkan strategi untuk lolos dari fase Grup D dan melaju ke babak 16 besar.

Hal ini disampaikan mantan pelatih timnas Korea Selatan itu dalam sebuah wawancara di Best Eleven. Ia mengaku yakni tim besutannya bisa membuat kejutan di Piala Asia.

“Saya ingin menyebutkan, bahwa tim kami (timnas Indonesia) akan menjadi kuda hitam. Menurut saya, tim kami tidak mudah untuk dikalahkan tim lainnya,” kata pelatih kelahiran 1970 itu.

“Jadi, kami, Indonesia bukan tim yang mementingkan ‘yang penting ikut Piala Asia’. Saya memiliki kelebihan di keterampilan dan stamina,” sambungnya.

“Saya bisa menciptakan suasana baru di timnas Indonesia berbeda dari yang dulu. Jadi saya yakin, kami bisa lolos ke 16 besar tanpa syarat,” kata Shin.

Sekadar informasi, Shin Tae-yong berhasil membawa timnas Indonesia lolos dari kualifikasi Piala Asia 2023 sebagai runner-up Grup A bersama dengan Yordania.