In-depth

Liga 1: Sekilas Andre Zanga, Alumni Klub Elite MLS Bidikan Terbaru Arema FC

Kamis, 1 Juni 2023 15:05 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
© LA Galaxy
Bidikan Arema FC, Andre Zanga (kanan). Copyright: © LA Galaxy
Bidikan Arema FC, Andre Zanga (kanan).

INDOSPORT.COM - Arema FC sebelumnya mengklaim sudah mengamankan jasa lima pemain asing sebagai tambahan kekuatan di Liga 1 Indonesia 2023-2024.

Sejauh ini, klub berlogo kepala singa sudah mendaratkan tiga dari lima pemain tersebut. Striker asal Brasil, Gustavo Almeida, menjadi gerbong pertama yang datang pada Rabu (23/5/23).

Sepekan berselang, giliran dua pemain asal Afrika juga merapat. Mereka adalah Ichaka Diarra (Mali) dan Charles Lokoli Ngoy (Kongo-Australia).

Seturut hal itu, Arema FC juga tinggal menunggu kedatangan dua pemain asing bebas federasi. Salah satunya gelandang bertahan, yang mengarah kepada Andre Ulrich Zanga.

Andre Zanga merupakan bagian dari Timnas Kamerun di beberapa level usia. Lantas, bagaimana profil singkat gelandang bertahan yang kini berusia 26 tahun tersebut?

Alumni Klub Elite MLS

Andre Zanga memulai karier sepak bola sejak amatir di Kamerun. Dia juga mengawali level profesional di usia 19 tahun bersama klub Kadji Sports (2015-2016).

Namun, bakatnya kemudian terendus scouting di Major League Soccer (MLS) Amerika Serikat. Zanga kemudian direkrut oleh tim elite MLS, LA Galaxy.

Sayangnya, karier Zanga di eks klub megabintang sepak bola dunia, David Beckham itu hanya di tim reserve alias cadangan bernama LA Galaxy II.

LA Galaxy II tampil untuk memberikan menit bermain untuk para pemain cadangan di kompetisi kasta kedua Amerika Serikat, United Soccer League (USL).

Andre Zanga kala itu tampil dalam dua musim dengan catatan penampilan lumayan baik. Dia tampil selama 21 laga di USL musim 2016-2017 dan 24 laga pada musim 2017-2018.