Liga Champions

Man City Full Senyum, Inter Milan Alergi Lawan Wakil Inggris Raya di Final Liga Champions

Kamis, 1 Juni 2023 17:05 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Indra Citra Sena
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Inter Milan. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Inter Milan.

INDOSPORT.COM – Manchester City akan berada di atas angin kala berlaga di final Liga Champions 2022-2023, mengingat Inter Milan pernah kalah dari wakil Inggris Raya di masa lalu.

Kekalahan Inter Milan itu terjadi saat final Liga Champions menghadapi tim jagoan Skotlandia, Glasgow Celtic, di Estadio Nacional, Lisbon, Portugal.

Kala itu, Liga Champions masih bernama European Cup alias Piala Champions sebelum kemudian berubah nama pada 1992/1993.

Inter Milan lolos ke putaran final usai menjuarai Liga Italia 1965-1966 dengan menggeser Bologna yang berada di posisi runner-up.

Sementara, sang lawan yang dihadapi di final, Glasgow Celtic merupakan jagoan Skotlandia dan mampu mengalahkan Rangers yang harus puas berada di posisi kedua.

Beradasarkan beberapa data yang dihimpun dari laman resmi UEFA dan Wikipedia, formal Piala Champions dimulai dari ronde pertama dengan menggunakan sistem gugur.

Sementara, format penyisihan grup Liga Champions kemudian baru mulai diterapkan pada musim 1992-1993.

Pada penyisihan grup, Glasgow Celtic menghadapi tim asal Swiss, Zurich yang ditekuk dengan skor 2-0 dan 3-0 baik home dan away.

Sementara, Inter Milan yang lolos ke final pada musim tersebut mengawali laga dengan menghadapi tim asal Uni Soviet, Torpedo Moscow yang ditekuk dengan skor 1-0 di leg pertama.

Inter Milan kemudian ditahan imbang di leg kedua dan memastikan lolos ke babak kedua Piala Champions.