Liga Inggris

Mandul di Final Piala FA, Mitos Haaland Loyo di Laga Krusial Man City Terbukti Benar?

Minggu, 4 Juni 2023 06:01 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Reuters/Paul Childs
Tidak ada nama Erling Haaland dalam daftar pencetak gol Manchester City di final Piala FA kontra Manchester United pada Sabtu (03/06/23) lalu. Copyright: © Reuters/Paul Childs
Tidak ada nama Erling Haaland dalam daftar pencetak gol Manchester City di final Piala FA kontra Manchester United pada Sabtu (03/06/23) lalu.

INDOSPORT.COM - Tidak ada nama Erling Haaland dalam daftar pencetak gol Manchester City di final Piala FA kontra Manchester United pada Sabtu (03/06/23) lalu.

Dua gol kemenangan The Citizens diborong oleh kapten tim, Ilkay Gundogan, yang kemudian juga dinobatkan sebagai pemain terbaik di Wembley.

Akhirnya klaim jika Haaland bukan pemain yang bisa jadi pembeda di laga krusial pun kembali menggema.

Pasalnya bukan kali ini saja sang bomber 22 tahun Norwegia dianggap 'menghilang' dalam partai besar yang dihadapi Manchester City di 2022/2023.

Statistik membuktikan jika Erling Haaland gagal bikin gol maupun assist ketika bermain di semifinal maupun final sebuah kompetisi sejauh ini sejak berseragam Manchester Biru pada musim panas tahun lalu.

Partai penting pertama yang tidak dihiasi kontribusi golnya adalah laga Community Shield kontra Liverpool pada Juli 2022 silam yang mana The Reds keluar sebagai juaranya dengan skor 3-1.

Kemudian juga ada semifinal Piala FA vs Sheffield United serta double header menghadapi Real Madrid di empat besar Liga Champions sebelum tentunya final derby melawan Manchester United malam tadi.

Sofascore juga mencatat jika rata-rata ponten Haaland di kelima laga tersebut hanya 6,5. Selain itu sebanyak enam peluang besar pun ia lewatkan.

Temuan yang cukup unik mengingat sepanjang musim ini Haaland dikenal sebagai predator di kotak penalti nan ulung. 52 lesakan sudah ia kumpulkan dari berbagai ajang.

Maka dari itu pun publik dibuat keheranan kenapa justru saat kontribusinya paling dibutuhkan Manchester City, eks Borussia Dortmund itu malah mandul.